Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar tentang Peran Ekonomi Siswa di Kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare

St. Maryam(1*), Nurul Mukhlisa(2), Dede Tri Rezky(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37840

Abstract


Studi ini menelaah Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar tentang Peran Ekonomi Pada Siswa di Kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah  proses penerapan model pembelajaran Probing Prompting tentang Peran Ekonomi pada siswa di kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare dan apakah penerapan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Peran Ekonomi di kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran Probing Prompting tentang Peran Ekonomi siswa di kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Peran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting siswa di kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu fokus proses dan fokus hasil. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare, sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B) dan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C). Pada siklus II terjadi peningkatan hasil observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik(B) dan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B). Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, pada siklus I nilai rata-rata 74,4 meningkat menjadi 83,8 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar tentang Peran Ekonomi Siswa di kelas V UPTD SD Negeri 46 Parepare.


Full Text:

PDF

References


Budiyanto, M. A. K. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Stu-dent Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muham-madiyah Malang Press.

Herviani, V.K., Istiana, Sasongko, T.B., & Ramadhan, L.F. 2018. Eval-uasi Peserta Didik Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Bontang. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(2), 149.

Ishak, A.M.F., Israwaty, I., & Halik, A. 2021. Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Ke-las Lima di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(1), 44 & 46.

Pradita, A., Lukman., & Hakim, A. 2021. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Bela-jar Siswa Sekolah Dasar kelas Empat di Kabupaten Enrekang. PinisiJournal Of Education, 1(1), 175 & 177.

Putra, M.B.S., Garminah, N. N., & Wi-bawa, M.C. 2016. Pengaruh Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Kovar-iabel Motivasi Berprestasi pada Siswa Kela IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 7.

Sari, A.D., & Suhendar, U. 2019. Pen-erapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. Jurmas: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Po-norogo, 3(2), 67.

Sidiq, U., & Choiri, M. 2019. Metode-Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Utoyo, D. 2021. Penerapan Model Pem-belajaran Probing Promptingda-lam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V.A SD Negeri 114/X Pandan Ja-ya. Journal on Education, 4(1), 254.

Wijaya, C., & Syahrum. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Ke-mampuan Penelitian untuk Meningkatkan Kualitas Pem-belajaran Guru. Bandung: Cita-putaska Media Perintis.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks