Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Yulia Yulia(1*), Ila Israwaty(2), Sri Ramadani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37815

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penlitian tidakan kelas dengan tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN 24 Model Parepare. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I proses belajar berada pada kategori cukup (C) dan hasil tes akhir siklus dengan rata-rata nilai 67. Sedangkan pada siklus II menunjukkan hasil penelitian pada proses pembelajaran pada proses pembelajaran dengan kategori baik (B) dan pada hasil tes akhir dengan rata-rata nilai 87. Berdasarkan hal tesebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas IV UPTD SDN 24 Model Parepare.

 

Kata kunci: hasil belajar ; make a match

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. 9(229), 1–4.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bineka Cipta.

Fatimah, I. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 28–37.

Fiteriani, I., & Suarni. (2016). Model Pembelajaran kooperatif dan Implikasinya pada Pemahaman Belajar Sains di SD/MI. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–22.

Hasan, K. (2014). Membangun Kultur Sekolah (Menuju Pendidikan Berbasis Iman dan Taqwa). CV. Bina Karya Utama, 18.

Irwansyah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Muhammadiyah Makassar.

Mandira, N., Muslimin, & Djabba, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Pinrang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 122–135.

Rahmawati, T., Djono, & Pelu, M. (2019). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar. 19(2), 100–118.

Subahti, A., Halik, A., & Maryam. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Di Kota Parepare. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Bandung Alf (p. 143).


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks