PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD
(1) UNM
(2) unm
(3) unm
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarh, S., B. & Azwar Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyah, N.I.L.,& Supriyanto. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Ketapangkuning Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 5(3), 641-649.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Ustiawaty, R. A. F. J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Ria Rahmatul Istiqomah. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Hasan, K., Nurul, M., & Ayu, L. (2020). “Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, Dan Intelectually (Savi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 165-169.
Hidayah, N. (2015). “Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 2(1), 34-49.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hutabarat, L. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 012 Pagaran Tapah Darussalam.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(1), 117–126.
Kawanan, E., Lukman, Zaid, Z. (2021). “Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Tanah Toraja”. Pinisi Journal Of Education. 1(1), 69–75.
Maryam M, S. (2012). “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pinrang. II(2): 112–121.
Mu’alimin, & Cahyadi, R.A.H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Teori Dan Praktik). Pasuruan: Ganding Pustaka.
Mukrimaa, S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. Bandung: ed. Sifa Siti Mukrimah.
Musfirah, Maryam, S. & Yunarsi, D. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor. Pinisi J. Educ. 1(1), 45–52.
Nabillah, T., & Agung, P.A. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.
Sari, N.A., Sa’dun, A., & Yuniastuti. (2018). “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Journal.Um.Ac.Id, 3(12), 1572–1582.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Article Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Published by:
Program Studi PGSD UPP Parepare
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan
Email : juarajurnal@gmail.com
Terindeks