Hubungan Pemberian Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Siswa Kelas Tinggi

Muh Idris Jafar(1), Mujahidah Mujahidah(2*), Riska Tamrin(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.35364

Abstract


Abstract. This research is a quantitative research with a correlational approach that aims to determine the relationship between giving Ice Breaking and learning interest in high school students at SD Negeri 363 Balielo, Bola District, Wajo Regency. with the number of respondents 47 people. Data collection is done by using a questionnaire. Data analysis technique with descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Based on the results of descriptive statistical analysis, the results of ice breaking research have an average of 73.08 and a percentage of 73.08% in the good category and the average learning interest of high-class students has an average of 72.44 and a percentage of 72.44% in the good category. Based on the results of inferential statistical analysis, the tcount value (3.8421) is greater (>) the ttable value (1,67943) at a significance level of 5%. Thus H0 is rejected and H1 is accepted. The results of the study can be concluded that there is a significant relationship between the provision of Ice Breaking with learning interest in high grade students at SD Negeri 363 Balielo, Bola District, Wajo Regency.


Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pemberian Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 363 Balielo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. dengan jumlah responden 47 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian ice breaking memiliki rata-rata 73,08 dan persentase 73.08% dengan kategori baik dan rata-rata minat belajar siswa kelas tinggi memiliki rata-rata 72,44 dan persentase 72.44% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung (3,8421) lebih besar (>) nilai ttabel (1,67943) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pemberian Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 363 Balielo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo.

Kata kunci: Ice breaking, minat belajar, siswa kelas tinggi


Keywords


Ice breaking, interest to learn, high grade students

Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto & Jabar. 2018. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayu, L. 2009. Landasan Teori Minat Belajar. Minat belajar, 2(1), 7–27.

Cecep&Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Hasdiana. 2019. Pengaruh ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 10 manurunge kecamatan tanete riattang kabupaten bone. universitas negeri makassar.

Hataran, dkk. (n.d.). Pengaruh ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas III SD Negeri 091484 jorlang hataran kecamatan hataran.

Istikomah, & Pelu, M. 2019. Penggunaan permainan ice breaking mix and match dan if then dalam model cooperative learning tipe teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS 5 di sma negeri 5 surakarta

Kamulyan, & Primasari. 2014. Profesi pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20–23.

Kurniawati, N. 2016. Hubungan Antara Minat Terhadap Ice Breaking Dengan Konsentrasi Dalam Mengikuti Layanan Format Klasikal Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Magelang. 1-79

Lafendry, F. 2018. For Teacher Ice Breaker. Shafira Tama Edukasi

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosdakarya.

Maunah,B. 2014. Psikologi Pendidikan. Lingkar Media Yogyakarta

National, G., & Pillars, H. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing

Rizki,M. 2020. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Universitas Riau

Selvia, M., & Handayani, F. (n.d.). Pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tema 8 sub tema 2 kelas II sekolah dasar.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta

Tim penyusun, 2020. Pedoman Penulisan Skripsi Program S1 FIP UNM. Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 557 times | PDF view : 49 times PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats