Hubungan Efikasi Diri dengan Tanggung Jawab Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SD Gugus XVII Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng

Rosmalah Rosmalah(1), Makmur Nurdin(2), Al Munawwarah Al Munawwarah(3*),

(1) 
(2) 
(3) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.28162

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan tanggung jawab belajar siswa kelas IV Gugus XVI Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV Gugus XVI Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability yaitu total sampling. Data dikumpulkan dengan instrument angket. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh efikasi diri siswa memiliki rata-rata 16,13 persentase 80,64% dengan kategori sangat baik dan rata-rata tanggung jawab belajar di masa pandemi covid-19 memiliki rata-rata 14,15 dan persentase 70,75% dengan kategori baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai t_hitung= 5,0155 lebih besar (>) nilai t_(tabel )= 1,66757 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri siswa dengan tanggung jawab belajar di masa pandemi covid-19 kelas IV Gugus XVI Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

Full Text:

PDF

References


Abdul, Monica dan. 2016. Kepribadian Yang Bertanggung Jawab. Lampung: Grafindo Persada.

Andi, Setiawan. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Uwais Insprirasi.

Arjanggi. 2013. Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Regulasi Diri. Jakarta: Makara sosial Humaniora.

Baron. 2012. Psikolgi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Dewi. 2016. “Tingkat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 Dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan Belajar.” Jurnal Pendidikan 1–15.

Feist. 2012. Teori Kepribadian, Theories Of Personality Buku 1 Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

Fenti, Hikmawati. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo persada.

Fitria. 2017. “Pengaruh Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Siswa Kelas III.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 365–376.

Ghufrhon. 2012. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ihsana. 2015. Pembelajaran Dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompas.com (WHO) : https://www.kompas.com ( Diakses pada tanggal 10 Oktober 2021, pukul 15.00 wita)

Kusrieni, Devi. 2014. “Hubungan Efikasi Diri Dengan Perilaku Mencontek.” Jurnal Pendidikanndidikan 103–105 (Psikopedia 2014 Universitas Ahmad Dahlan).

Mustadi. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Narwanti. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Famili Pustaka Keluarga.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempenagruhinya. Palembang: Rineka Cipta.

Surya. 2014. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utari. 2015. Pembinaan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Bandung: Rineka Cipta.

Wulandari. 2014. Tanggung Jawab Belajar. Yogyakarta: PT.Cipta Bangsa.

Yusuf. 2012. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Rosdakarya, PT. Remaja


Article Metrics

Abstract view : 225 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats