Hubungan Pengetahuan Pengelasan Terhadap Hasil Belajar Las Dasar Listrik Kelas X SMK NEGERI 1 Tinambung
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v3i2.68103
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menegatahui gambaran pengetahuan pengelasan siswa kelas X pada mata pelajaran Las dasar (2) mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Las dasar listrik, (3) mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengetahuan pengelasan dengan hasil belajar Las dasar listrik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 36 siswa. Menggunakan sampel jenuh yaitu keseluruhan dari populasi. Pengumpulan data menggunakan Tes dan dokumentasi. Uji hipoteis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengetahuan pengelasan siswa Kelas X SMKN 1 Tinambung yaitu sebesar 78% berada pada kategori ”tinggi”,(2) Hasil belajar las dasar listrik siswa SMKN 1 Tinambung yaitu sebesar 53% berada pada kategori “baik”, dan (3) Terdapat hubungan antara pengetahun dan hasil belajar las dasar listrik berada pada kategori “sangat rendah” berdasarkan nilai koefisien korelasi = 0,034.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ibda, F. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Darmaningtyas. 2011. Pedidikan Pada Dan Setelah Krisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Romi, Saputra dan Jasman. 2019. Hubungan Hasil Belajar Siswa Teknik Pengelasan Nilai Praktek Industri di SMK Negeri 2 Pakayumbuh. Journal Of Multidicsiplinary Research and Development. 2(1).
Rustaman, N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.
User, Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2010. Perosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metodologi penelitian kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung(Alfaebeta).
Article Metrics
Abstract view : 28 times | PDF view : 7 timesDOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v3i2.68103.g29642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION
Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:
Published by:
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)
Email: jovi.ptm@unm.ac.id
JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License