PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUKTIF PESERTA DIDIK TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 5 BANTAENG

Hamzah Nur(1*), Nur Hidayatullah(2),

(1) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i2.56502

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Produktif Peserta Didik Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 5 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Produktif Peserta Didik Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 5 Bantaeng dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,003 untuk kelas x, nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,002 untuk kelas XI, nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,004 lebih kecil dari 0,05 yaitu nilai probabilitas.sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel pembelajaran daring terhadap hasil belajar produktif.


Keywords


Pembelajaran Daring, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Irzal. (2020). Kontribusi Prestasi Teknologi Mekanik Dan Pemanfaatan Laboratorium Mesin Perkakas Terhadap Hasil Belajar Praktik Mesin Perkakas. Universitas Negeri Makassar. Makassar. Ananda, R (Ed). 2014. Metodologi Penelitian Kantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press

Echols, John M dan Shadily, Hassan. (2001). Kamus Indonesia Inggris, Jakarta: Gramedia.

Departemen pendidikan dan kebudayaan. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2017. Panduan Hibah Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara. Hayati, Nur. (2020). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning Yang Efektif. Universitas pendidikan Ganhesa. Singaraja. Muhibin Syah, “Pisikologi Belajar”, ( Jakarta: PT Raja Grafindo Persada), Tahun 2011, Hlm 39-40 Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2010), Rahmatia, Maya dkk. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh. Santoso, Edi. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sayekti, lina dkk. (2019). “ Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id)”. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. (2002). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung. Remaja rosdakarya.

Sudjana, Nana & Ibrahim. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharmisi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Usaha Cipta.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online),(https://www.jogloabang.com/pendidikan/uu-20-2003-sistem-pendidikan-nasional).


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License