PERSEPSI STAKEHOLDER SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 SMKN 3 GOWA

Andi Muhammad Irfan(1*), Erwin Erwin(2),

(1) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i2.56484

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi stakeholder sekolah terhadap pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di SMKN 3 Gowa. Subjek kunci dalam penelitian ini adalah KB, MR, MTB, RS, HN, HR, dan NL. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Hasil dari penelitian diketahui bahwa stakholder sekolah menginginkan sistem pembelajaran di masa paca pandemi adalah pembelajaran teaching factory, tatap muka, luring dan blanded learning. Pembelajaran yang menerapkan sistem dunia kerja (teaching factory) dianggap bisa memberikan pengalaman kepada peserta didik, sehingga pembelajaran seperti ini harus dirancang sedemikian rupa agar berjalan dengan lancar. Pembelajaran luring dinilai lebih efektif karena kegiatan luring  menggunakan konsep interaksi peserta didik dengan guru. Dalam rangka pembelajaran tatap muka berbagai persiapan dilakukan dari seluruh aspek penting terutama dalam aspek sarana dan prasarana. blended learning adalah cara ideal untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi dunia baru pasca Covid-19 dan menjadi awal mula dalam proses pembelajaran di masa depan dengan memanfaatkan teknologi.

Keywords


Stakeholder, Teaching Factory, Tatap Muka, Luring, Blanded Learning

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2020). “Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia”. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253-270.

Akbar, R. F. (2015). “Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Isla m Negeri Kudus”. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1).

Asmuni, A. (2020). “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

Bao, W. (2020). “Covid‐19 and Online Teaching In Higher Education: A case study of Peking University”. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113-115.

Jatmiko, D. (2017). “Peran Stakeholder sekolah Dalam Mengatasi Berbagai Macam kekerasan di Kalangan Siswa”. Nusantara of Research, 4(01), 154374.

Kompas.com.(2020) “pembelajaran daring” https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/16/200131471/pembelajaranjarak-jauh-bukan-pembelajaran-daring-ini-penjelasannya diakses pada selasa 09 Oktober 2021 Pukul 11.35.

Kusmiatin, S., Wardah, & Juniarto, C. (20117). “Stakeholder dalam Pendidikan”, http://insaniyahtanasuq.blogspot.com/2017/04/v-behaviorurldefaultvmlo.html diakses pada 26 September 2021 pukul 07.33.

Malyana, A. (2020). “Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

SuaraSulsel.id (2021). “Sekolah dan Kampus di Sulawesi Selatan Gelar Pembelajaran Tatap Muka Dengan Prokes”, https://sulsel.suara.com/read/2021/09/26/125717/sekolah-dan-kampus-di-sulawesi-selatan-gelar-pembelajaran-tatap-muka-dengan-prokes?page=all

Sugihartono, F. K., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Sulha, S. (2020). “Penerapan Montessori Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Luring Sebagai Alternatif Masa Pandemi”. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(1), 22–30.

Sulistiyawati, E., & Yahya, M. (2020). “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta”, (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

Yudiawan, A. (2020). “Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat”. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16.

Mosa, A., Yoo, I., & Sheets, L. (2011). “A Systematic Review of Healthcare Applications for Smartphones”. BMC Medical Informatics and Decision Making, 12, 67. doi: 10. 1186/ 1472-6947- 12-67.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License