PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TEHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X dan XI DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR
(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46760
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfitri, & Shilfia. (2020). Model Discovery Learning dalam Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran. Bogor: Guepedia.com.
Ansyar. (2015). Kurikulum Hakikat, Desain Dan Pegambangan. Jakarta: Kencana.
Arikunto. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darsono. (2020). Terampil Fotografi Dengan Teknik Peer Tutoring. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha (Anggota IKAPI).
Gunanto, A., & Pramono, J. (2017, 2018). Pekerjaan Dasar Teknik Mesin. Yogyakarta: Andi.
Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif . Tasikmalaya: Edu Publisher.
Mariayaningsih, N., & Mistina, H. (2018). Bukan Kelas Biasa : Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher.
Martawijaya, M. A. (2016). Model Pembbelajaran Berbasis Kearifan Lokal : untuk Meningkatkan Karakter dan Ketuntasan Belajar. Balikpapan: CV. Masagena.
Mukarramah, M., Rika, & Rismawati. (2020). Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Siregar, S., Sitompul, H., Tampubolon, J., Sebayang, N., Wijaya, K., & Putra, R. (2021). Job Sheet praktik Kerja Batu dan Plumbing. Medan: Yayasan kita Menulis.
Subana, M. R., & Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan . Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suko. (2020). Menjadi calon Guru. Surayabaya: Skopindo Media Pustaka.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Supatimingsih, T., Muhammad, H., & Sudirman. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: CV. Medis Sains Indonesia.
Sutiah. (2018). Perubahan Budaya Belajar Dan Inovasi Pembelajaran PAI Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Multikasus di SMP Negeri 3 Dan SMP Islam Sholahuddin Kota Malang. Siduarjo: Nizama Learning Center.
Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Untoro, J., Sarosa, W. J., Diary, A., Kusnandar, & Wijaya, A. (2011). Target Nilai Rapor 10: Kupas Habis Semua Pelajaran. Jakarta Selatan: PT Wahyumedia.
Article Metrics
Abstract view : 177 times | PDF view : 28 timesDOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46760.g21992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION
Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:
Published by:
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)
Email: jovi.ptm@unm.ac.id
JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License