PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TEHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X dan XI DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Muhsin Z(1), Asma Adam(2), Asriadi Mustapa(3*),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46760

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk  mengetahui adanya pengaruh model  Discovery Learning terhadap hasil belajar pekerjaan dasar teknik mesin kelas X dan XI SMK Negeri 10 Makassar. Desain penelitian ini menggunakan posttest-only contol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Mesin sebagai kelas eksperimen dan kelas XI sebagai kelas kontrol SMK Negeri 10 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning dan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan analisis deskriptif yang diperoleh, nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 58, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 72. Hasil pengujian mengungkapkan bahwa penggunakan model discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pekerjaan dasar teknik mesin peserta didik kelas X Teknik Mesin SMK Negeri 10 Makassar.

Keywords


Model discovery learning, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Alfitri, & Shilfia. (2020). Model Discovery Learning dalam Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran. Bogor: Guepedia.com.

Ansyar. (2015). Kurikulum Hakikat, Desain Dan Pegambangan. Jakarta: Kencana.

Arikunto. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darsono. (2020). Terampil Fotografi Dengan Teknik Peer Tutoring. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha (Anggota IKAPI).

Gunanto, A., & Pramono, J. (2017, 2018). Pekerjaan Dasar Teknik Mesin. Yogyakarta: Andi.

Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif . Tasikmalaya: Edu Publisher.

Mariayaningsih, N., & Mistina, H. (2018). Bukan Kelas Biasa : Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher.

Martawijaya, M. A. (2016). Model Pembbelajaran Berbasis Kearifan Lokal : untuk Meningkatkan Karakter dan Ketuntasan Belajar. Balikpapan: CV. Masagena.

Mukarramah, M., Rika, & Rismawati. (2020). Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Siregar, S., Sitompul, H., Tampubolon, J., Sebayang, N., Wijaya, K., & Putra, R. (2021). Job Sheet praktik Kerja Batu dan Plumbing. Medan: Yayasan kita Menulis.

Subana, M. R., & Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan . Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suko. (2020). Menjadi calon Guru. Surayabaya: Skopindo Media Pustaka.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supatimingsih, T., Muhammad, H., & Sudirman. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: CV. Medis Sains Indonesia.

Sutiah. (2018). Perubahan Budaya Belajar Dan Inovasi Pembelajaran PAI Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Multikasus di SMP Negeri 3 Dan SMP Islam Sholahuddin Kota Malang. Siduarjo: Nizama Learning Center.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Untoro, J., Sarosa, W. J., Diary, A., Kusnandar, & Wijaya, A. (2011). Target Nilai Rapor 10: Kupas Habis Semua Pelajaran. Jakarta Selatan: PT Wahyumedia.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 25 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46760.g21992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License