PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Badaruddin Anwar(1), Asmah Adam(2), Ismail Ismail(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.33431

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran daring terhadap hasil belajar Mata Kuliah Media Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner untuk data model pembelajaran daring dan studi dokumentasi untuk data hasil belajar Media Pembelajaran. Data penelitian ini dianalisis statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran daring berpengaruh signifikan sebesar 22,3% terhadap hasil belajar Mata Kuliah Media Pembelajaran. Persamaan regresi yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y= 2,196 + 0,013X. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pada pendidikan mengenai efektivitas pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19 terutama di Universitas Negeri Makassar.


Keywords


Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, dan Covid-19

Full Text:

PDF

References


Anggrawan, A. 2019. Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka Dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal MATRIK. Vol.18 No.2 ISSN. 2476-9843

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bilfaqih, Y. dan Qomarudin, M.N. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: DeePublish.

Chairudin, A. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 dan 6 MI Ma’arif Gedangan, Kec. Tuntang, Kab. Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Falahuddin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4): 104-117. ISSN: 2355-4118.

Ferdiana, S. 2020. Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning.1(1). ISSN: 0000-0000

Fitriyani, I.N. 2020. Model pembelajaran online (daring) menggunakan google classroom pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di SMPN 4 Ambarawa Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Handarini, O.I. dan Wulandari, S.S. 2020. Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP).8(3): 496-503. ISSN: 2338-9621.

Harlan, J. 2018. Analisis Regresi Linear. Depok: Gunadarma.

Heriawan, A. 2012. Metodologi Pembelajaran: Kajian Teoritis Praktis. Yogyakarta: LP3G.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pengertian Model.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesoian Language Education and Literature (ILEAL). 3(1): 99-110. ISSN: 2502-2261.

Kurniawan, B.A., Purnomo, A dan Idris. 2020. Pelatihan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online bagi Guru Mata Pelajaran IPS. Malang: UM.

Kustiawan, U. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Lestari, I. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 3(2): 115-125. ISSN: 2502-5457.

Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Mustakin, T.Z dan Teti, S. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1): 70-80.

Peraturan Akademik Universitas Negeri Makassar. 2019. Peraturan Rektor Universitas Negeri Makassar Nomor: 401/UN36/HK/2019. Makassar: UNM.

Pohan, A.E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Kepulauan Riau: CV.Sarnu Untung.

Prajana, A. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(2), 122.

Prasetya, T.A dan Harjanto, C.T. 2020. Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid-19. Skripsi.Yogyakarta: UNY.

Purwanto.A., Rudy P., Masduki A., Priyono B.S., Laksmi M.W., Choi C.H., dan Ratna S.P. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. 2(1): 1-12. ISSN: 2716-4446.

Setyosari, P. dan Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Emas.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Cetakan V). Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Slavin dan Robert, E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhery. Putra, T.J. dan Jasmalinda. 2020. Sosialisasipenggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1 N0.3. ISSN 2722-9475.

Surat Edaran Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No.1 Tahun 2020.

Syarif, I. 2012. Pengaruh Model Blended Learning terhadap motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(2): 234-249. ISSN: 2476-9401.

Tafonao, T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan. Yogyakarta. ISSN: 2549-4163

Tegeh, I.M. dan Kirna, I.M. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Journal IKA. Vol 1. No 1. ISSN 1829-5282.

Tirtarahardja, U. 2005. Pengantar Pendidikan (Cetakan II). Jakarta: PT:Rineka Cipta.

Yanti, M.T., Kuntarto, E. dan Kurniawan, A.R. 2020. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. 5(1): 61-68. ISSN: 2685-8312.


Article Metrics

Abstract view : 566 times | PDF view : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License