PENGARUH SOFT SKILL DAN HARD SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA SESUAI KEBUTUHAN INDUSTRI 4.0 PESERTA DIDIK SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN KOTA MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32152
Abstract
Salah satu cara dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 ini adalah adanya kesadaran setiap peserta didik untuk berusaha menguasai keahlian atau skill untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja serta melahirkan tenaga kerja profesional guna mendapatkan keseimbangan dengan keberadaan teknologi sekarang. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI dan XII Jurusan Teknik Pemesinan di 3 SMK di Kota Makassar yang. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil sebaran angket istrument softskill, hard skill, dan kesiapan kerja. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS 21 dalam analisis data dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa adanya dampak dari pandemi Covid-19 sehingga hasil dari uji t yang menunjukkan bahwa variabel soft skill memiliki koefisien regresi sebesar 0.175 dengan probabilitas 0.02. berarti mendukung H1 karena nilai signifikaainya <0.05, yang berarti variabel soft skill berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja, setelah melakukan hasil uji t yang menunjukkan bahwa variabel hard skill memiliki koefisien regresi sebesar 0.247 dengan probabilitas 0.001. berarti mendukung H2 karena nilai signifikaainya <0.05, berarti bahwa variabel hard skill berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja. Terdapat pengaruh signifikan dari soft skill dan hard skills terhadap kesiapan kerja dunia industri 4.0 SMK Kota Makassar. Kesimpulan ini didasarkan pada data hasil penelitian yang menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0.157 kemudian f hitung sebesar 11.428 lebih besar dari f tabel sebesar 0.1567. Sehingga dapat diketahui besarnya pengaruh soft skill dan hard skill secara simultan terhadap kesiapan kerja adalah 15.7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnata, I. W., Surjoseputro, S. 2014. Evaluasi Soft skill Dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 21, No. 1.
AGUSTIN, B. (2018). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Alifah, Heni Nur. Pengembangan Soft skill Dalam Membentuk Ahlak Santri di Pondok Pesantren Walisongo Putri Ngabar Ponorogo. Yogyakarta: UIN SunanKalijaga. 2017.
Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya,”Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya,Vol.6 No.2 (2017).
Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2013. Direktorat Pendidikan Universitas Airlangga. Melejitkan Soft skill Mahasiswa. Surabaya: Airlangga University Press. 2010.
Hidayat, A. (2018). Uji F dan Uji t. dalam www. statistik. com.
Hamidah, Siti dan Sri Palupi. 2012. Peningkatan Soft skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. Jurnal Pendidikan Karakter. Yogyakarta: FT UNY.
Imam, G. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23: Cetakan 8. Universitas Diponegoro, Semarang.
Islami, F. A., & Ferdinand, A. T. (2012). Analisis Pengaruh Hard skill, Soft skill, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
Jafar, Akhmad. “Pengaruh Hard skill dan Soft skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sulawesi Selatan,”Jurnal Dan Bisnis, Vol. 6, No. 2 (Juli 2017).
Kuswati.”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Mahasiswi Menjadi Bidan,”Jurnal Kesiapan Mahasiswa Menjadi Bidan,Vol. 05 No. 04 (2015).
Lie, Novia Lucas Cahyadi. “Pengaruh Soft skill Terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Pada Mahasiswa S1 Fakultas
Mariah, S., & Sugandi, M. (2010). Kesenjangan soft skills lulusan SMK dengan kebutuhan tenaga kerja di industri. Jurnal Inovasi dan Perekayasa Pendidikan, 3(1), 379-400.
Mariah, S., Sugandi, M. 2009. Kesenjangan Soft skills Lulusan SMK Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Industri. Jurnal.
Noto Widodo, P. (2012). Pengembangan model pembelajaran soft skills dan hard skills untuk siswa SMK. Cakrawala Pendidikan, (3), 87661.
Priyatno, D. (2013). Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Santoso, S. (2013). Menguasai SPSS 21 di era informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta. Suwaro, Wiji. 2008. Keberbakatan Intelektual. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pt.Bumi Aksara.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suryanto, D., Kamdi, W., Sutrisno. 2013. Relevansi Soft skill Yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri Dengan Yang Dibelajarkan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol. 36, No. 2. Halaman 107- 118.
Sutrisno, B. 2016. Profil Model Pembelajaran Soft skill Pada SMK Bidang Ekonomi Di Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 26, Nomor 2, ISSN: 1412-383, Halaman 115-135.
Tarmidi. 2009. Pengaruh Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) terhadap Soft skills Mahasiswa. Skripsi. Sumatera Utara: USU.
Utami, A. S., Dwityanto, A., & Psi, S. (2016). Hubungan antara dukungan social dengan kesiapan kerja siswa SMK (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Widarto, dkk. 2011. Pentingnya soft skill bagi dunia kerja. Available at: (http:/www.careersoft.wordpress.com)/ soft_skills.htm. Diakses tanggal 20 Maret 2015.
Wahyono, T. (2002). Program Ketrampilan Hidup (Life Skills Program) untuk Meningkatkan Kematangan Vokasional Siswa. Anima, vol 17 (4), 385-393.
Widayani, N. (1999). Kematangan Vokasional Pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Simon Sili Sabon. (Maret 2001). Partisipasi dunia kerja dalam sistem ganda (Sebuah Pengalaman di Jerman). Sketsa Pendidikan. Vol. 2 No.2, 17-27
Article Metrics
Abstract view : 2602 times | PDF view : 766 timesDOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32152.g14857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION
Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:
Published by:
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)
Email: jovi.ptm@unm.ac.id
JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License