HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Asmah Adam(1*), Samnur Samnur(2), Djuanda Djuanda(3), Rizki Djhulvicar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32083

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Fabrikasi Logam pada siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel yang diambil adalah 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial mencakup uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas sebesar 0,956 > 0,05 dari taraf kesalahan sehingga nilai residual berdistribusi normal. Hasil uji linearitas sebesar 0,673 > 0,05 dari taraf kesalahan sehingga variabel bebas memiliki hubungan yang linear dengan variabel terikat. Hasil uji hopotesis pada analisis regresi sederhana menunjukkan tingkat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik fabrikasi logam sebesar 70,1% atau 70% dengan kategori kuat. Kemudian pada uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05 dari taraf kesalahan yang berarti H0 tidak terjadi atau ditolak dan H1 diterima.


Keywords


motivasi belajar, hasil belajar, teknik fabrikasi logam.

Full Text:

PDF

References


Nashar, 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 251 times | PDF view : 60 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32083.g14830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License