Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mapala Makassar

Muhammad Amran(1*), Muslimin Muslimin(2),

(1) Public Administration Department, Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3465

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Agar guru dapat merancang media KIT IPA dalam proses pembelajaran, 2) Agar guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media KIT IPA, Untuk Mengetahui hasil belajar IPA siswa Setelah menggunakan Media KIT IPA dalam mengikuti mata pelajaran IPA. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas V sebanyak 20 orang SD Negeri Mapala Makassar. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan tes, wawancara langsung, pengamatan dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dengan menggunakan alat peraga KIT IPA pada siswa kelas V SD Negeri Mappala dapat meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan peswat sederhana dan sifat-sifat magnet, 2) guru belum maksimal  dalam merancang  rencana pembelajaran yang berbasis KIT IPA, 3) guru harus meningkatkan kompetensi dalam menggunakan media KIT IPA di SD. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan KIT IPA karena siswa pada saat belajar mereka lebih aktif dan langsung menerapkan konsep yang telah mereka dapatkan.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, KIT IPA


Full Text:

Pdf

Article Metrics

Abstract view : 800 times | Pdf view : 894 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Office