Meningkatkan Aktivitas, Respon, dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Hamran Hamran(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3457

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan pada kompetensi dasar menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan dikelas 11 jurusan administrasi perkantoran (AP) 2 di SMK Negeri 4 Pinrang, yang berjumlah 33 Peserta Didik, terdiri dari 8 laki-laki dan 25 perempuan. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum hasil belajar kewirausahaan pada kompetensi dasar menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata Peserta Didik dalam setiap siklus yaitu pada siklus I sebesar 73,93 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60,60 persen, dan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 83,03 dengan ketuntasan klasikal 87,87 persen. Dari siklus I ke siklus II hasil belajar Peserta Didik meningkat secara signifikan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 344 times | PDF view : 377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Office