Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (Engagment, Exploration, Explanation, Elboration, Evaluation) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Nur Aslindawaty(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3451

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat kegiatan yang dilakukan dengan siklus berulang yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP 2 Mare. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP 2 Mare.  Siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa di kelas IX SMP 2 Mare. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran learning cycle 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran learning cycle 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP 2 Mare. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian siklus  1 hasil belajar sesuai kelas IX SMP 2 Mare. Untuk ketentuan belajar individu (perorangan) sudah memenuhi standar karena mahasiswa sudah menguasai 70.74% dan standar yang sekurang-kurangnya 65% sedangkan ketuntasan belajar dan sekurangkurangnya 85% tmgkat penguatan yang te!ah di tetapkan. Pada siklus 2 hasil belajar siswa kelas X SMA Negri 1 Bambang umtuk ketentun belajar mdividu (perorangan) sudah memenuhi standar karena siswa sudah menguasai 83.80% dan standar yang sekurang-kurangnya 65% sedangkan untuk ketentuan be!ajar k!asikal siswa mendapatkan 90,00% sudah memenui standar dan sekuarang-kurangnya 85% tmgkat penguatan yang telah di tetapkan. Pada siklus II sudah memenuhi standar ketuntasan belajar, demikian pula dengan hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas guru. Pada siklus I dan siklus II dikategorikan cukup dan sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan model pembelajaran learning cycle 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP 2 Mare pada mata pelajaran ekonomi.

 

Kata Kunci: Learning Cycle, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 808 times | PDF view : 1571 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Office