PENGARUH METODE MENGAJAR BERVARIASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i2.1641
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) metode mengajar bervariasi guru di Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar, 2) tingkat motivasi belajar siswa di Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar, 3) pengaruh metode mengajar bervariasi guru terhadap motivasi belajar siswa di Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui hubungan kedua variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 424 orang, dan sampel dalam penelitian ini yaitu 10 persen dari populasi yaitu sebanyak 43 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mengajar bervariasi guru dilihat dari aspek variasi suara, penekanan, kesenyapan atau kebisuan guru, kontak pandang, gerakan badan atau mimik, dan perubahan posisi pada jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Makassar berada pada kategori baik. Tingkat motivasi belajar siswa dilihat dari aspek kuatnya kemauan untuk berbuat, jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas yang lain, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas pada jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Makassar berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci: Metode Mengajar Bervariasi Guru, Motivasi Belajar Siswa
Article Metrics
Abstract view : 981 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Office