PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Asprianti Bustamin(1*), Muhammad Darwis(2), Sirajuddin Saleh(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i2.1636

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: untuk mengetahui peranan kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini merupakan Deskriptif yaitu menggambarkan “apa adanya” tentang variabel peran kepala sekolah sebagai supervisor. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 67 orang, dan sampel dalam penelitian ini yaitu keseluruhan yang menjadi populasi yaitu sebanyak 67 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 1 Makassar, ditinjau dari setiap indikator yang ada, seperti indikator bimbingan mendapatkan perolehan hasil sebesar 83,37 persen, indikator bantuan diperoleh sebesar 87,31 persen, indikator pengawasan diperoleh hasil sebesar 83,21 persen, dan untuk indikator penilaian diperoleh hasil sebesar 87,76 persen. Sehingga secara umum dapat dikatakan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 1 Makassar tergolong baik dengan hasil capaian olah data variabel yang diperoleh sebesar 84,91 persen.

 

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor

Article Metrics

Abstract view : 395 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office