PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI AP1 DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Ridha Swi Hartina(1*), M. Nippi Tambe(2), Muhammad Darwis(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i2.1574

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan media pembelajaran visual dalam proses pembelajaran siswa kelas XI AP1 di SMK Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang dipergunakan adalah analisis data interaktif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan media pembelajaran visual dalam proses pembelajaran siswa kelas XI AP1 di SMK Negeri 1 Makassar telah dirasakan manfaatnya. Peranan ini didasarkan pada beberapa peran yang dimiliki media pembelajaran visual yang berjalan dengan baik dalam proses pembelajaran. Peranan itu meliputi, (1) menarik dan mengarahkan perhatian siswa dalam berkonsentrasi, (2) menggugah emosi dan sikap dalam menganalisis dan menanggapi berbagai fenomena, (3) memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan, dan (4) membantu siswa untuk memahami teks. Peranan-peranan tersebut pada umumnya dapat kita lihat pada penggunaan media visual (power point) yang dominan digunakan oleh guru di kelas XI AP1 di SMK Negeri 1 Makassar yang didesain dengan berbagai animasi yang mendukung dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: media pembelajaran visual, proses pembelajaran siswa


References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 280 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office