PENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 7 MAKASSAR

Rahmawati .(1*), Haedar Akib(2), Sirajuddin Saleh(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i2.1533

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 7 Makassar, dan gambaran kinerja guru serta pengaruh kepala sekolah sebagai supervisor tehadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan populasi adalah guru di berjumlah 50 orang. Karena sampelnya kecil maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rata-rata (mean), standar deviasi, dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas data, analisis regresi linear sederhana untuk pengujian hipotesis, serta analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai supervisor tergolong dalam kategori baik, dalam hal ini didukung oleh bimbingan, bantuan, pengawasan, penilaian. Sedangkan kinerja guru di SMK Negeri 7 Makassar tergolong pada kategori sangat baik, dalam hal ini didukung oleh perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, evaluasi/penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kinerja guru di SMK Negeri 7 Makassar yang berkorelasi kuat.

 

Kata Kunci: Kepala Sekolah sebagai Supervisor, Kinerja Guru


Article Metrics

Abstract view : 907 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office