PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR KECAMATAN MINASATENE KABUPATEN PANGKEP

Pahrul .(1*), Risma Niswaty(2), Sirajuddin Saleh(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i1.1499

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari empat alur kegiatan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep dilihat dari pada prosedur pelayanan, kedisiplinan pegawai, keadilan pelayanan, kewajaran biaya dan kenyamanan pelayanan telah berlansung cukup baik.


References


Kepmen PAN No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi pemerintah

Moenir, A. S. 2000. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Balai Aksara

Saleh. Sirajuddin.2011. Pelayanan Administrasi Kepegawaian.Tesis. Makassar UNM

Supriyanto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Tentang Pelayanan Publik. Jakarta: BKN


Article Metrics

Abstract view : 482 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office