Pelatihan Pengembangan Soal Berfikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran untuk MGMP Fisika Kab. Maros

Ahmad Dahlan(1*), Kaharuddin Arafah(2), Muh. Sidin Ali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Evaluasi proses pembelajaran adalah kegiatan yang sangat penting dalam mengukur proses dan hasil pembelajaran. Salah satu syarat untuk memneuhi proses evaluasi yang valid dengan menggunakan instrument tes yang valid dan reliabel. Selain itu, Instruken harus memiliki dimensi yang memiliki kedalaman yangs ama dengan tujuan pembelajaran, dalam hal ini Kemendikbud telah mendorong guru dalam menggunakan instrument test keterampilan berfikir tingkat tinggi. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada Guru yang tergabung dalam MGMP Fisika Kab. Maros, Sulawesi Selatan untuk menyusun soal dengan tipe Berfikir Tingkat Tinggi (HOTs) pad amata pelajarna fisika. Metode yang digunakan dalam menyelesaian masalah yang dihadapi mitra adalah pelatihan penyusunan soal dalam bentuk tataran teori dan praktik. Hasil kegiatan pengabdian ini terdiri dari dua yakni (1) antusiamse dan wawasan guru terkait soal Tipe HOTs pada mata pelajaran fisika dan (2) Bank Soal HOTs pada mata pelajaran Fisika.

Keywords


MGPM Fisika, HOTs, Berfikir Tingkat Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Ahmad Dahlan., Heman., & Ahmad Yani., (2021). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Menyelesaikan Soal-Sola Fisika Peserta Didik SMAN 21 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Vol. 17. No. 2. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.26144

Ichsan, I. Z. V. S. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(1), 227–237. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.227

Harta, J., Rasuh, N. T., & Seriang, A. (2020). Using HOTS-Based Chemistry National Exam Questions to Map the Analytical Abilities of Senior High School Students. Journal of Science Learning, 3(3), 143–148. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i3.22387

Hayati, M. N., Fatkhurrohman, M. A., & Waisah, W. (2020). Pengaruh POE berbasis Blended Learning Terhadap High Order Thingking Skill (HOTS) Peserta Didik SMP. E-Journal Ups, 4(januari 2020), 1–11.

Istiyono, E., Dwandaru, W. S. B., Erfianti, L., & Astuti, W. (2020). Applying CBT in physics learning to measure students’ higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 012061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012061

Ramdiah, S., Royani, M., Malang, U. M., & Kleij, D. (2019). Understanding , Planning , and Implementation of HOTS by Senior High School Biology Teachers in Banjarmasin- Indonesia. International Journal of Instruction, 12(1), 425–440.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Yoke, S. K., Hasan, N. H., Jangga, R., & Kamal, S. N. M. (2015). Innovating with HOTS for the ESL

Reading Class. English Language Teaching, 8(8), 10–17. https://doi.org/10.5539/elt.v8n8p10


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Dahlan, Kaharuddin Arafah, Muh. Sidin Ali


Published by:

Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar