Workshop Penerapan Perangkat Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA SMP se-Wilayah IV Kabupaten Polewali Mandar

Ramlawati Ramlawati(1*), Rifda Nur Hikmahwati Arif(2), Salma Samputri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pemerintah melalui kementerian pendidikan mengembangkan sebuah kurikulum merdeka sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan pada kurikulum ini adalah Project Based Learning (PjBL). Pembelajaran berbasis PjBL merepresentasikan karakteristik dan kebutuhan peserta didik dimana pada setiap kegiatan proyek yang dirancang dengan memperhatikan unsur sains. Kondisi ini menjadi tuntutan guru sebagai tenaga pendidik untuk merancang dan menyusun perangkat pembelajaran yang dapat melatih dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pendidik harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai salah satu kunci dalam terjalinnya sistem belajar sesuai dengan tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Namun, sebagian besar guru khususnya guru IPA wilayah IV Kab. Polewali Mandar masih kurang terhadap pemahaman tentang perangkat PjBl. Oleh karena itu diadakannya pelatihan atau workshop yang bertujuan untuk mengetahui: a) penerapan perangkat Project Based Learning sebelum diadakan workshop, dan b) kepuasan guru-guru MGMP IPA Kabupaten Polewali Mandar. Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta yang merupakan guru-guru MGMP IPA Kabupaten Polewali Mandar. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan: a) guru-guru MGMP IPA Kab. Polewali Mandar masih jarang dalam menerapkan perangkat pembelajaran berbasis proyek, dan b) guru-guru MGMP IPA Kabupaten Polewali Mandar menyatakan puas terhadap pelaksanaan kegiatan workshop.

Keywords


workshop, penerapan, perangkat, pjbl

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74-78. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.3143

Harahap, R. D., & Nazliah, R. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017 di MAS Islamiyah Gunting Saga Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(2), 194-200. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.536

Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1064/534

Kurniawati, W., Harjono, A., Gunawan, G., Busyairi, A., & Taufik, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(2), 141-146. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3096

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311-326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828

Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model” Keterampilan abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Pannen, P., Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Siagian, P., Simanjuntak, E., & Samosir, K. (2016). Prototype Pembelajaran Matematika SMA Sesuai Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 22(2), 91-108. https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i2.6556

Sujana, G. A., & Sopandi,P.H.W. (2019). Model-model Pembelajaran Inovatif Teori dan Implementasi. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 206 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JKM: Jurnal Kemitraan Masyarakat


Published by:

Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar