Pemberdayaan Guru Madrasah Ibtidaiyah melalui Pelatihan Penyusunan Instrumen Literasi Numerasi di Polewali Mandar

Andi Rosman Nuryadin(1), Dewi Sartika(2*), Rasydah Nur Tuada(3), Nursakinah Annisa Lutfin(4), Agus Saputra(5),

(1) Universitas Sulawesi Barat
(2) Universitas Sulawesi Barat
(3) Universitas Sulawesi Barat
(4) Universitas Sulawesi Barat
(5) Universitas Sulawesi Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/jkm.v1i1.39784

Abstract


Literasi numerasi berkaitan erat dengan pemecahan masalah matematika. Pemecahan masalah yang dimaksud bukan sebatas penyelesaian masalah rutin matematika tetapi lebih pada menemukan solusi permasalahan kontekstual yang dihadapi sehari-hari dimana penalaran mutlak diperlukan. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru di kelas jarang yang berbasis Literasi Numerasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh guru-guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali mandar, dimana tidak pernah mengukur ketercapaian Literasi Numerasi siswa. Mengatasi permasalahan tersebut, TIM Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat memberikan solusi berupa Workshop dan pelatihan mengenai Penyusunan Instumen Penilaian Literasi Numerasi.  Kegiatan ini diberikan kepada guru-guru di Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Wilayah Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar sebanyak 21 orang. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pengabdian ini membantu guru dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan khususnya dalam membuat soal Literasi Numerasi yang kontekstual terhadap siswa.

Keywords


Literasi Numerasi, Instrumen, Pemecahan Masalah.

Full Text:

PDF

References


Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1-7.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati, H. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 6(1), 35-42.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413-3430.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Pulungan, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal on Teacher Education, 3(3), 266-274.

Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137-140.

Trisnawati, R. A. (2022). Development Of Numeration Literacy Questions Using The Social-Cultural Context Of Labuhanbatu. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5).

Zukhrufurrohmah, Z., & Putri, O. R. U. (2021). Pendampingan Pengembangan Instrumen Berciri Literasi Numerasi dalam Menyiapkan AKM pada Guru SD. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249-260.


Article Metrics

Abstract view : 231 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JKM: Jurnal Kemitraan Masyarakat