Respon Siswa MTs Negeri 1 Makassar terhadap Layanan Bimbingan Klasifikasi Tumbuhan di Laboratorium Kebun Percobaan Biologi FMIPA UNM

Adnan Adnan(1*), Nani Kurnia(2), Abd. Muis(3), sahribulan sahribulan(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/jkm.v1i1.39505

Abstract


Telah dilakukan pembimbingan praktikum kalsifikasi tumbuhan pada siswa MTs Negeri 1 Makassar di Laboratorium Kebun Percobaan Biologi (LKPB) FMIPA UNM. Kegiatan praktikum dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Pembimbingan dilaksanakan selama empat kali pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Pelaksanaan kegiatan di luar kelas di lingkungan laboratorium kebun percobaan biologi.  Metode pembimbingan yang digunakan adalah metode tanya jawab , diskusi, observasi, survei lapangan, dan penemuan yang dilengkapi dengan LKPD. Hasil pelaksanaan bimbingan praktikum tersebut dinilai berdasarkan respon siswa terhadap kegiatan yang dilaksanakan.  Penilaian dilakukan terhadap 3 indikator utama, yairu respon terhadap sarana dan prasarana, respon terhadap kehandalan pembimbingan dan respon terhadap kepuasan siswa.  Hasil penilaian menunjukkan bahwa respon siswa dianggap positif terhadap Sarana dan Prasarana LKPB, Kehandalan pembimbingan dan kepuasan dalam pembimbingan.

Keywords


Respon siswa, parktikum, klasifikasi tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur, M. 2000.Buku Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Unesa University Press. Surabaya.

Nur, M. 2002. Keteramnpilan-Keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah. Program Pasca Sarjana, UNESA. Surabaya.

Riduwan. 2018. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusyati, L. 2019. Modul 3 Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susilo, H. 2002. Kerja Ilmiah: Penafsiran. Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pend. Dasar dan Menengah. Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta.

Wijaya, A. F. C. 2019. Modul 1. Pembelajaran IPQ dan Konsep IPBA . Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Article Metrics

Abstract view : 231 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JKM: Jurnal Kemitraan Masyarakat