Pelatihan Praktikum IPA bagi Peserta Didik SMP Negeri 2 Parigi

Reski Amelia(1), Nurul Muchlisa Maulidya(2), Sitti Saenab(3*), Ramlawati Ramlawati(4), Hartono Hartono(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


SMP Negeri 2 Parigi merupakan salah satu sekolah di Desa Sicini Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan yang memiliki fasilitas laboratorium yang memadai untuk mata pelajaran IPA, meskipun demikian pembelajaran IPA yang diterapkan selama ini masih sebatas pemberian materi pembelajaran di kelas tanpa dilakukannya praktikum. Pelatihan praktikum IPA bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam praktikum IPA bagi peserta didik. Pelatihan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Parigi, Desa Sicini, Kecamatan Parigi, Kabupaten GOWA. Pelalatihan ini ditujukan kepada para siswa SMP Negeri 2 parigi yang terdiri dari kelas VII, kelas VIII dan kelas IX berjumlah 24 orang. Materi praktikum yang dilatihkan adalah materi mengenai Pengenalan Mikroskop, Struktur dan Fungsi Tumbuhan, Genetika dan pengujian asam basa dengan menggunakan indikator alami. Peserta didik memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap pelatihan yang telah diberikan karena materi yang dapat lebih mudah dipahami, dengan pelatihan ini, peserta didik juga mendapatkan pengalaman baru dalam pembelajaran IPA. Sebanyak 84% peserta didik merasa sangat puas dan 16% puas mengenai kegiatan pelatihan praktikum IPA yang dilakukan. Pelatihan serupa diharapkan dapat lagi dilaksanakan terutama pemanfaatan kit IPA yang terdapat di laboratorium sekolah.


Keywords


Praktikum, IPA, Peserta didik SMP, Desa Parigi

Full Text:

PDF

References


Astuti, Reni. 2020. Manajemen Laboratorium Yang Cerdas, Cermat, dan Selamat. Jawa Barat : Cv Jejak.

Alsagaf, L, H; Boisandi; Ira, N, S; dkk. 2018. Pelatihan Penggunaan Alat dan Bahan Praktikum IPA Untuk Guru IPA Se- Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (2).

Candra, R. dan Dian, H. 2020. Penerapan Praktikum Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Kerja Peserta Didik Di Laboratorium IPA. Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 6 (1) : 26-37.

Dewi, I, S; Sitti, S; dan Liswara, N. Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi Di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Jurnal Edu Sains 2 (1).

Emda, Amna. 2014. Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Jurnal Lantanida 2 (2).

Hadi, S., Hermansyah; dan Jamaluddin. 2021. Pelatihan Penggunaan Chemlab Sebagai Alternatif Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 3 Lembar Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(2).

Komisia, F; Maria, B, T; Maria, N, I, B dan Imelda, J. 2019. Pelatihan Praktikum IPA Terpadu Dengan Memanfaatkan Bahan-Bahan Sekitar Lingkungan Bagi Guru-Guru IPA SMP Di Kotakupang. Jurnal Koulutus 2 (2).

Lestari, N, A; Mukhayyarotin, N, R, J dan Utama, A, D. 2017. Pelatihan Manajemen Laboratorium Untuk Pengelolaan Laboratorium IPA Tingkat SMA Di Kabupaten Bajonegoro. Jurnal ABDI 3 (1): 17-21.

Sunarya. 2021. Manajemen Pengelolaan Laboratorium. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Yunus, S, R; Ramlawati; Arie, A, A dan Sitti, S. 2022. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK Bagi Guru Di Pesantren Putri Yatama Mandiri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JKM: Jurnal Kemitraan Masyarakat


Published by:

Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar