Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru Sd Negeri Mandai Kota Makassar

Hamka L(1), Evi Ristiana(2*), Adnan Adnan(3), Abdul Muis(4), A. Farida Arsal(5), Muliana G. H.(6), Yade K. Yasin(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Neger Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Bagi guru, media membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta belajar aktif .Canva merupakan aplikasi desain grafis yang membantu guru untuk membuat berbagai jenis pembelajaran kreatif secara online. Penggunaan aplikasi Canva dapat memudahkan guru-guru SD yang belum cukup terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam merancang pembelajaran interaktif. Pada kegiatan ini guru-guru SD Negeri Mandai melakukan praktik pembuatan media pembelajaran berbasis Canva. Hasilnya, mereka mampu mengembangkan media pembelajaran yang menarik dengan menggunakan aplikasi Canva.

Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Canva, Guru

 

For teachers, using media can help clarify concepts or ideas and also help motivate active learning participants. Canva is a graphic design application that helps teachers create various types of creative learning online. The Canva application can simplify learning process for elementary school teachers who are not skilled enough to utilize technology information in designing interactive learning. In this activity, the teachers of SD Negeri Mandai practiced making learning media based on Canva. As a result, they are able to develop interesting learning media using the Canva application.



Full Text:

PDF

References


Agung, L. (2011). "Character Education Integration". International Journal of History Educaation, 12(2), 392–403. Alazam, A.-O., Bakar,

A. R., Hamzah, R., & Asmiran, S. (2012). "Teachers’ ICT Skills and ICT Integration in the Classroom: The Case of Vocational and Technical Teachers in Malaysia". Creative Education, 03(08), 70–76. Boholano,

H. (2017). "Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills". Research in Pedagogy, 7(2), 21–29.

Burn, A. (2020). Doing Action Research in English Language Teaching: A Guide for Practicioners. New York: Routledge 270 Madison Ave Cipta.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). "Development learning model of charactereducation through e-comic in elementary school". International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Isman, A. (2011). "Instructional Design In Education: New Model". TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136–142.

Mahnun, N. (2012). "Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran)". An-Nida’, 37(1), 27–34.

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). "Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar". Jurnal Ad’ministrare, 5(1), 1–6.

Rahmatullah, & Inanna. (2017). Identifikasi Nilai-Nilai Ekonomi Sebagai Dasar Merumuskan Materi Pengantar Ilmu Ekonomi Berjatidiri Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 700–704.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Nurdiana, N. (2019). "Ethnopedagogi dalam pembelajaran ekonomi". Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 284–288. Ramli, A.,

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). "Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar". Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.

Rahmatullah, dkk. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha : Vol. 12 No. 2

Rusdiana, R. Y., dkk. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pendidikan Magister IPA : Vol. 4 No. 3

Reiser, R. A. (2001). "A history of instructional design and technology: Part II: A history of instructional design". Educational Technology Research and Development, 49(2), 57–67.

Reiser, R. A., & Dick, W. (1996). "Instructional planning: A guide for teachers".

Allyn and Bacon. Rokhayani, A., Ririn, A., & Utari, P. (2014). "the Use of Comic Strips As an English Teaching Media for Junior High School Students. Language Circle". Journal of Language and Literature, 8(2), 143–149.

Sharif, A., & Gisbert, M. (2015). "The Impact of Culture on Instructional Design and Quality Afsaneh". International Journal of Instruction, 8(1), 143–156.

Sutarno, E., & Mukhidin. (2013). "Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung". sJurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 203–21

.


Article Metrics

Abstract view : 666 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.