Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru SMP Di Kabupaten Majene

Johar Amir(1*), Syamsudduha Syamsudduha(2), Ambo Dalle(3), Nurhijrah Nurhijrah(4), Irmawati Irmawati(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pelatihan ini diharapkan dapat menginspirasi guru/peserta tentang media kreatif dan inovatif dalam menambah pengetahuan dan pengalaman membuat judul, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka sebagai aspek pengembangan penyusunan artikel ilmiah. Setidaknya, semua peserta (20 orang) telah berhasil membuat artikel ilmiah, satu kelompok mampu menyusun judul dengan baik, dua kelompok berhasil membuat pendahuluan yang menarik, satu kelompok lagi yang mampu menyusun metode, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka yang dihasilkan peserta workshop. Meskipun tidak semua peserta mengahasilkan aspek penyusunan artikel ilmiah yang sempurna, mereka sudah mengetahui bahan yang dibutuhakan, langkah, dan cara pengaplikasian aspek tersebut dalam penyusunan artikel ilmiah. Untuk mengatasi permasalahan guru/peserta ditempuh dalam tiga tahapan kegiatan yaitu workshop, pendampingan, dan refleksi yang dilakukan secara langsung.

Kata Kunci: artikel ilmiah, guru, pelatihan

This training is expected to inspire teachers/participants about creative and innovative media in increasing their knowledge and experience in making titles, introductions, methods, results, discussions, and bibliography as aspects of developing scientific articles. At least, all participants (20 people) have succeeded in writing scientific articles, one group was able to compose a good title, two groups succeeded in making an interesting introduction, another group was able to compile the methods, results, discussion, and bibliography produced by the workshop participants. Although not all participants produced perfect aspects of scientific article preparation, they already knew the required materials, steps, and how to apply these aspects in the preparation of scientific articles. To overcome the problems of teachers/participants, the activities are carried out in three stages, namely workshops, mentoring, and direct reflection.

Keywords: scientific articles, teachers, training


Full Text:

PDF

References


Agung. 2018. Strategi Menulis artikel Jurnal (online). Tersedia: https://agungbudisantoso.com/strategi-menulis-artikel-jurnal/?amp.

Aksibelajar. 2018. Sistematika Arikel nonpenelitian. (online). Tersedia: https://www.asikbelajar.com/sistematika-artikel-nonpenelitian/

Amiruddin, Ahmad. 2011. Sistematika Laporan Penelitian (online). Tersedia: https://www.academia.edu/35498055/Sistematika_laporan_penelitian

Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412

Budiyanto, Dwi. (2019). Mengenal Karya Ilmiah. staff.uny.ac.id. Diakses 25/09/2020.

Cooper, H. (2016). Principles of good writing: Avoiding plagiarism. Retrieved January 27, 2019, from APA Style Blog website: https://blog.apastyle.org/apastyle/2016 /05/avoiding-plagiarism.html.

Debnath, J. (2016). Plagiarism: A silent epidemic in scientific writing – Reasons, recognition and remedies. Medical Journal Armed Forces India, 72(2), 164–167. doi: 10.1016/j.mjafi.2016.03.010.

Djangi, Muhammad Jasri. 2011. Anatomi Karya Ilmiah (online). Tersedia: http://rhyenaarchie.blogspot.com/2011/11/anatomi-karya-ilmiah-by-mr-jasri.html

Djuroto, Totok dan Suprijadi, Bambang. (2013). Buku Menulis Artikel & Karya Ilmiah. PT.Remaja Rosdakarya : Bandung.

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266.

Dwiloka, Bambang dan Riana, Rati.(2005). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Rineka Cipta : Jakarta.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Handayani, Hany. “etika penulisan karya ilmiah keperawatan” hal. 36-40

Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412

Budiyanto, Dwi. (2019). Mengenal Karya Ilmiah. staff.uny.ac.id. Diakses 25/09/2020.

Cooper, H. (2016). Principles of good writing: Avoiding plagiarism.

Retrieved January 27, 2019, from APA Style Blog website: https://blog.apastyle.org/apastyle/2016 /05/avoiding-plagiarism.html

Debnath, J. (2016). Plagiarism: A silent epidemic in scientific writing – Reasons, recognition and remedies. Medical Journal Armed Forces India, 72(2), 164–167. doi: 10.1016/j.mjafi.2016.03.010.

Djangi, Muhammad Jasri. 2011. Anatomi Karya Ilmiah (online). Tersedia: http://rhyenaarchie.blogspot.com/2011/11/anatomi-karya-ilmiah-by-mr-jasri.html

Djuroto, Totok dan Suprijadi, Bambang. (2013). Buku Menulis Artikel & Karya Ilmiah. PT.Remaja Rosdakarya : Bandung.

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266.

Dwiloka, Bambang dan Riana, Rati.(2005). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Rineka Cipta : Jakarta.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Handayani, Hany. “etika penulisan karya ilmiah keperawatan” hal. 36-40

Hayati, Reni. (2019). Jenis-Jenis Karya Ilmiah dan Penjelasannya. https://penelitianilmiah.com/jenis-karya-ilmiah/. Diakses 26/09/2020.

Hermawati, dkk. (2006). Peninggalan Masa Islam di Jawa Tengah Abad XV- XVIIM. Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Jawa Tengah, museum Jawa Tengah Ronggowarsito

Jaedun, A. (2011). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah. Disampaikan Pada Kegiatan Seminar Karya Tulis Ilmiah Dan Penelitian Tindakan Kelas Di SMK Negeri, 1.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Lamuddin, Finoza. “Metode Penulisan Karangan Ilmiah” Hal. 1-18 https://www.academia.edu/36560445/MAKALAH_KONSEP_KARYA_ILMIAH

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti) Bagi Guru Sma Swasta Di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50

Nurul Ibad, Muhammad. (2007). Suluk Jalan Terabas Gus Miek. Yogyakarta: Pustaka

N, Seven Lulus. (2010). Hakikat Karya Ilmiah. https://www.scribd.com. Diakses 24/09/2020.

Samik. (2014). Pengertian KTI, Sikap Ilmiah, Sifat dan Isi Tulisan. Panduan Karya Tulis Ilmiah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. www.kompasiana.com/sukowaspodo_99

Soekmono, R. (1973). Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

Susilawati, Hirma. (2016). Preservasi Naskah Budaya di Museum Sonobudoyo. Jurnal Al Maktabah (1) . 62-68.

Sutherland-Smith, W. (2009). Plagiarism, the Internet, and student learning: Improving academic integrity. New York: Routledge.

Sri Mujiwati, E., Putera Permana, E., Sahari, S., Nitya Santi, N.,

Damariswara, R., Amirul Mukmin, B., Nurlaila Zunaidah, F., Andri Aka, K., Saidah, K., & Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Ppm, 53(1). http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/

Utorodewo, Felicia, dkk. (2007). Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah. Jakarta:Lembaga Penerbit FEUI.

Wardhani, Dwi Asih Triska. (2016). Asas-Asas Menulis Karangan Ilmiah dan Perencanaan Karangan. https://dwiasihtriskawardhani.wordpress.com/asas-asas-menulis-karangan-ilmiah-dan-perencanaan-karangan/. (diakses pada tanggal 20 September 2020).

Wardani, Igak. Hakikat dan Karakteristik Karya Ilmiah. pustaka.ut.ac.id. Diakses 24/09/2020.

Wasisto, Joko dkk. (2019). Preservasi Manuskrip di UPT Museum Sonobudoyo Sebagai Usaha Menjaga Eksistensi Budaya di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan menanggulangi plagiarisme di dunia pendidikan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(5), 195–200. doi: 10.21109/kesmas.v6i5.84

Wibowo, Wahyu. (2006). Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah. Jakarta: PT Kompas Media. http://ahdinschool.blogspot.com/2013/10/etika-penulisan-karya-ilmian.html?m=1

__________, dkk. (2019). Asas dalam Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Penerbit Litera. http://www.literamediatama.com/asas-dalam-penulisan-karya-ilmiah/. (diakses pada tanggal 20 September 2020).


Article Metrics

Abstract view : 235 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.