STRATEGI MEMBERDAYAKAN PETANI MELALUI PENYULUHAN PERTANIAN DIKAMPUNG TANJUNG

Putri Maipita Risti(1*),

(1) Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i1.33538

Abstract


Pertanian adalah pekerjaan mayoritas penduduk di Indonesia ,Pertanian perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan. BPS melaporkan bahwa lahan panen padi pada tahun 2021 sebesar 10,52 juta hektar dan mengalami penyusutan sebesar 10,52 hektar.  Permasalahan yang timbul dalam masalah pertanian ini yaitu masalah hama,Hasil panen yang sudah menumpuk dan tidak ada yang membeli,keadaan cuaca yang terus-terusan panas membuat  hasil pertanian menjadi mati.Penyuluh pertanian berperan untuk membantu para petani agar hasil panen dapat meningkat dan membantu setiap permasalahan yang terjadi pada petani. Berdasarkan hal tersebut dihadirkanlah penyuluh pertanian yang membantu masalah pertanian dimasyarakat. Strategi yang dilakukan oleh penyuluh pertanian dalam meberdayakan yaitu membantu dalam pengendalian hama terhadap petani serta penggunaan teknologi yang modern untuk memasarkan hasil pertanian seperti media social yang dapat membantu masyarakat .Dengan adanya penyuluh pertanian dalam lingkup petani agar dapat membuat masyarakat  mandiri dan menggali potensi-potensi yang ada dalam diri masyarakat itu sendiri. Penyuluh pertanian  memberikan peran yang besar terhadap masyarakat terutama yang berprofesi sebagai petani yang membantu pertanian di dalam masyarakat agar meningkat dan terbebas dari masalah-masalah pertanian. Tujuan dari jurnal ini untuk memaparkan strategi penyuluh pertanian dan kinerja penyuluh pertanian dalam meningkatkan hasil pertanian masyarakat agar masyarakat dapat maju dan berkembang serta melalui potensi pertanian di wilayah tersebut masyarakat menjadi bisa berdaya dan mampu mandiri.


Keywords


Pemberdayaan; strategi; penyuluh pertanian

Full Text:

PDF

References


Akmaliyah, M. (2016). Pemberdayaan: Kementerian Sosial & LSPS. Jurnal, 1, No 2, 2011.

Bahua, M. I. (2015). Penyuluhan dan Pemberdayaan Petani Indonesia. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/537/Penyuluhan-dan-Pemberdayaan-Petani-Indonesia.pdf

Sadono, D. (2008). Pemberdayaan Petani: Paradigma Baru Penyuluhan Pertanian di Indonesia. Jurnal Penyuluhan, 4(1). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v4i1.2170

Situasi, A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi untuk penjualan produk hasil pertanian di kabupaten tulungagung 1). 16, 24–28.

Undang-Undang Nomor 16. (2006). tentang Sitem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Kementerian Pertanian, 53, 160.


Article Metrics

Abstract view : 276 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Maipita Risti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.