Penerapan Analisis SWOT Terhadap Penentuan Strategi Peningkatan Daya Saing Saleh Pisang Nazen Rawalo

Hety Dwi Hastuti(1), Laura Sari(2*),

(1) Politeknik Negeri Cilacap
(2) Politeknik Negeri Cilacap
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v2i1.43157

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Indonesia turut dikembangkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM). UKM sendiri terkadang dihadapkan kurangnya akses pasar dan berjuang untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat untuk diaplikasikan. UKM Saleh Pisang Nazen merupakan usaha makanan ringan yang berada di desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo. Usaha ini mulai berdiri sejak tahun 2020. Makanan ringan berbahan dasar pisang ini hadir dengan cita rasa manis yang khas karena terbuat dari pisang yang matang dan manis. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan analisis SWOT terhadap strategi peningkatan daya saing Saleh Pisang Nazen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dismpulkan bahwa UKM Saleh Pisang Nazen memiliki peluang yang bagus untuk dikembangkan dengan memaksimalkan branding Saleh Pisang Nazen, terus melakukan inovasi dan lebih kreatif dalam menciptakan varian rasa baru dan aneka olahan pisang, harus menjaga kualitas bahan baku yang digunakan untuk memastikan kualitas produk olahannya serta aktif melakukan promosi melalui media sosial.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, P., Sunarti, S., & Mawardi, M. K. (2017). Analisis SWOT pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 104–113.

Arofahtiani, R., & Cahyadi, E. R. (2022). Strategi Adaptasi UMKM Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Rumah Makan Haji Masduki, Pekalongan). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 458–469. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.458

Bakhri, S., Aziz, A., & Khulsum, U. (2019). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 64–81. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5407

BPS. (2021). Kecamatan Rawalo Dalam Angka. https://banyumaskab.bps.go.id/publication/2021/09/24/d288245813da0e02b4502397/kecamatan-rawalo-dalam-angka-2021.html

Dhelia, I. A., Oktaviani, R., & Iskandar, B. H. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Bandeng Di Kabupaten Indramayu. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 3(1), 67–82.

Hermanto, A., Tayibnapis, A. Z., & Setyaningrum, I. (2016). Strategi Pengembangan Ukm Berbasis Inovasi Di Provinsi Jawa Timur: Periode 2010-2014. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 93–106. https://doi.org/10.24123/jeb.v20i2.1599

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, C., Lubis, N., & Widayanto, W. (2015). Pengaruh Jaringan USAha, Inovasi Produk Dan Persaingan USAha Terhadap Perkembangan USAha Mikro, Kecil Dan Menengah (Studi Pada IKM Makanan Di …. Jurnal Ilmu Administrasi …. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/8263%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/8263/8032

Novia, C., Saiful, S., & Utomo, D. (2021). Analisis SWOT peningkatan daya saing pada UKM keripik nangka di Kabupaten Malang. Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.35891/tp.v12i1.2460

Rizky, R. N., & Mavianti. (2019). Keripik Kelapa : Peluang Usaha Baru di Dusun 3 Tanjung Anom, Deli Serdang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 311–318. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3633

Rosmadi, M. L. N. (2019). Analisis Faktor-faktor Penunjang Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seminar Nasional Ekonomi & Bisnis Dewantara, Volume 1(No.1 Tahun 2019), hlm.42.

Sulasih, & Sulaeman, M. (2020). Analisis SWOT Konsep dan Praktiknya pada Bidang Bisnis. Rizquna.

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029

Sumiatin, D. W. I., Studi, P., Akuntansi, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2021). PEMBUATAN KRIPIK TEMPE DI DESA KARANGTENGAH.

Thamrin, H., Herlambang, R., Brylian, B., Gumawang, A. K. A., & Makmum, A. (2017). A SWOT analysis tool for Indonesian small and medium enterprise. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 620–625.


Article Metrics

Abstract view : 644 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.