MINAT BELI ONLINE GENERASI Z (Studi Kasus pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Makassar)

Retno Ayuni Hemastuti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i2.35932

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan gambaran mengenai minat beli online Generasi Z di Kota Makassar serta faktor-faktor yang mendorong minat beli online Generasi Z di kota Makassar. Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik ketekunan peneliti dan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi z yang diwakili oleh informan memiliki ketertarikan berbelanja produk fashion melalui online dengan rata- rata frekuensi belanja 2-3 kali dalam sebulan. Media belanja yang paling menarik untuk mereka gunakan adalah marketplace dan media pencarian informasi yang paling sering digunakan adalah media sosial Instagram. Adapun faktor pendorong minat beli online generasi Z di kota Makassar adalah harga yang terjangkau, persepsi kemudahan penggunan, referensi dari teman serta kepercayaan terhadap toko atau media belanja online yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


Andryanto, R. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI MANFAAT, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BELI DI TOKO ONLINE (Studi Empiris yang dilakukan pada OLX.co.id di Yogyakarta) [UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41480

Anna, K. L. (2020). Apa yang Generasi Z Cari Saat Belanja Online? Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/10/170000820/apa-yang-generasi-z-cari-saat-belanja-online-

Anwar, Rosian; Adidarma, W. (2013). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN RISIKO PADA MINAT BELI BELANJA ONLINE. Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(02), 156–168.

Aptaguna, A; Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala, 3(2012), 49–56.

Assael, H. (2004). Consumer Behaviour: A Strategic Approach. Houghton Mifflin.

Dwidienawati, D., & Gandasari, D. (2018). Understanding Indonesia’s generation Z. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3), 250–252. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.25.17556

Ferdinand, A. (2002a). Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuah Studi Pendahuluan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1).

Ferdinand, A. (2002b). Pengembangan Minat Beli Merek Eksistensi. Universitas Diponegoro.

Ghony, M. Djunaidi; Almanshur, F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (R. T. Sari (ed.); Edisi Revi). Ar-Ruzz Media.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2).

Herdioko, J. (2017). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Produk Kopi Secara Daring : Studi Kasus Pada Situs Internet Otten Coffee. Jrmb, 12(2), 129–136.

Islahuddin, N. S. (2020). Pasar E-Commerce Terbesar Indonesia dari Millenial. Lokadata. https://lokadata.id/artikel/pasar-e-commerce-terbesar-indonesia-dari-milenial

Kotler, Philip; Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Kotler, Philip armstrong, G. (2001). prinsip-prinsip pemasaran (Edisi Kede). Penerbit Erlangga.

Laksmi, Aditya Ayu; Oktafani, F. (2016). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( eWOM ) TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS INSTAGRAM PADA WARUNK UPNORMAL. Computech & Bisnis, 10(2), 78–88.

Lestari, M. (2018). Pembeli Online dari Anak SMA Meningkat 5 Kali Lipat. Detikinet. https://inet.detik.com/business/d-3853086/pembeli-online-dari-anak-sma-meningkat-5-kali-lipat

Mandasari, K. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam memilih jasa perhotelan. 1–72.

Mowen, Jhon C.; Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (Edisi Kedu). Penerbit Erlangga.

Neurosensum. (2018). Emerging Consumer Trends in Indonesia. Neurosensum.Com. https://neurosensum.com/emerging-consumer-trends-in-indonesia/

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 18(1952), 123–134.

Sangadji, E. M. S. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal penelitian (WK. Nikoemus (ed.)). C.V Andi Offset.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen (Edisi Revi). PRENADAMEDIA GRUP.

Setiawan, S. R. D. (2019). Studi: Konsumen Indonesia Belanja Online hingga 5 Kali Sebulan. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2019/12/02/123449126/studi-konsumen-indonesia-belanja-online-hingga-5-kali-sebulan.

Stillman, David; Stillman, J. (2017). Generasi Z : Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Gramedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Wibisaputra, A. (2011). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG GAS ELPIJI 3 KG ( Di PT . Candi Agung Pratama Semarang ). Universitas Diponegoro Semarang.

Wirawan, G. M. A. (2015). MINAT KONSUMEN PADA GARAGE SALE DI YOGYAKARTA ( Studi Kualitatif Deskriptif tentang Faktor Minat Konsumen Garage Sale ). Universitas Negeri Yogyakarta.

Yunan, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Rokok dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (Issue 3). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004


Article Metrics

Abstract view : 1221 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.