Pengaruh Kebijakan Uang Muka (Down Payment) Terhadap Tingkat Volume Penjualan Kredit Sepeda Motor Di PT. Pegadaian (Persero)

Nur Amalia Ramdlani Azis(1*), Haedar Akib(2), Aris Baharuddin(3), Andi Aslinda(4), Muhammad Guntur(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i1.35362

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan uang muka (down payment) terhadap tingkat volume penjualan kredit sepeda motor di PT. Pegadaian (Persero) kantor cabang daya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 81 nasabah dan sampel dalam penelitian ini diambil dari banyaknya populasi yaitu sebanyak 81 nasabah. Teknik Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS.22 yang terdiri atas uji validitas dan realibitas, teknik analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial.


Full Text:

PDF

References


Arisa, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Bank Indonesia. (2012). Surat Edaran No. 14/10/DPNP tentang Pemberlakuan LTV. Bank Indonesia.

Bank Indonesia. (2015). Surat Edaran No. 17/25/DKMP tentang Pemberlakuan LTV. Bank Indonesia.

Firdaus, R., & Arianti, M. (2009). Manajemen Perkreditan Bank Umum: Teori, Masalah, Kebijakan dan Aplikasi Lengkap dengan Analisis Kredit. Alfabeta.

Hasibuan, H. M. S. . (2006). Dasar-Dasar Perbankan (Cetakan 5). Bumi Aksara. Herlambang, S. (2014). Basic Marketing, Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran.

Gosyen Publishing.

Ilyan, E. (2016). Analisis Pengaruh Pangsa Pasar Pembiayaan Syariah, Down Payment

(Uang Muka), Dan Inflasi Terhadap Kualitas Pembiayaan Sepeda Motor Pada

Multifinance Di Indonesia. Universita Islam Negeri Syarif Hidayahtullah.

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan. Kencana.

Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. (2014). Marketing Mix Pengaruhnya

Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal

EMBA, 2(1), 421–430.

Kasmir. (2013). Dasar-Dasar Perbankan (Edisi Revi). PT. Raja Grafindo Persada. Kinanti, A. N. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Pemberian Kredit Motor Pada PT.

Federal International Finance (FIF) Kantor Cabang Muara Bungo Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, 2(1).

Kotler, P., & Lane, K. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). PT. Indeks.

Muslim, F., & Suharmiati. (2019). Tinjauan Kelayakan Pemberian Kredit Motor

Cabang Bogor. November 2015.

Nafarin, M. (2009). Penganggaran Perusahaan. Salemba Empat.Pegadaian. (2018). Brosur Pegadaian Amanah. Pegadaian.

Peraturan Bank Indonesia Nomor:7/2/PBI/2005 Tentang Kualitas Aktiva Bank Umum,

G. B. (2005). Peraturan Bank Indonesia Nomor:7/2/PBI/2005 Tentang Kualitas

Aktiva Bank Umum. 52(1), 1–5.

Presiden Republik Indonesia. (1998a). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10

Tahun 1998 Tentang Perbankan.

Presiden Republik Indonesia. (1998b). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10

Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992

Tentang Perbankan. Presiden Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. (2009). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9

Tahun 2009 Tentang Lembaga Pembiayaan. Presiden Republik Indonesia. Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) terhadap Peningkatan Penjualan ( Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran ). 2(2), 143–

Retnowati, N. (2012). Manajemen Kompensasi. Karya Putra Darwati.

Sari, U. P. (2016). Analisis Pengaruh Kebijakan Down Payment, PDRB, Suku Bunga,

Dan Tarif BBNKB Terhadap Permintaan Kredit Kendaraan Bermotor Kota

Bandar Lampung Periode 2010:1-2015:9 [Universitas Lampung].

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Cetakan ke).

Alfabeta.

Tjipton, F., & Chandra, G. (2008). Pemasaran Strategik. Penerbit Andi. Yet, S. (2011). Start Marketing. PT. Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.