PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK UMKM PENGRAJIN SUTERA KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO (Studi Kasus pada Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo)

Andi Nutriska Puspasari(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, dan apa saja Faktor Internal dan Eksternal Peningkatan Daya Saing Usaha Mirko Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pengrajin Sutera atau Pengusaha Sutera Losari Silk, Family Silk, Adenny Sutera dan Mega Sutera. Teknik pengumpulan data melalui observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data (pengurangan data), display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan/verifikasi. Dalam mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matriks SWOT dengan menganalisis faktor internal dan eksternal dari peningkatan daya saing yang dilakukan dengan memberikan gambaran umum mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari peningkatan daya saing yang dilakukan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak pengrajin sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo menggunakan lima bentuk peningkatan daya saing, yaitu keunikan produk, biaya/harga, kualitas produk, pengalaman pelanggan, dan kemudahan konsumen. Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo belum berjalan secara optimal. Saran peneliti agar pengrajin sutera harus lebih aktif dalam hal mempromosikan produknya baik lewat internet atau iklan.


Full Text:

PDF

References


Adam, Haubl, G. (2000). Consumer decision-making in online shopping environments: The effects of interactive decision aids. Marketing Science, 19(1), 4–21.

Adytia dan Yuniawati. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Di The Trans Luxury Hotel Bandung. Tourism And Hospitaly Essential Journal, 5(1), 1–6.

Arnold, C., Hax, & Nicholas, S. M. (1991). The Strategy Process and Concept. Prentice.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo. (2012). Wajo Dalam Angka 2012. BPS kabupaten Wajo 2012.

Bharadwaj, & Supranoto. (2019). Indikator Keunggulan Bersaing. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Bryson, J. M. (2007). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Pustaka Pelajar. Dahlia. (2019). Strategi pemasaran Berbasis Elektronik Dalam Membangun Keunggulan Bersaing Pada Usaha Kecil (Studi Kasus Pada Adenny Sutera di

Kabupaten Wajo). Journal of Ekonomi.

David. (2011). Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata di Desa Katapang Raya

Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Journal of Chemical Information and

Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Dimas Hendika Wibowo. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis,

(1).

Fandy Tjiptono. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.

Fredy Rangkuti. (2009). Analisis_SWOT_Teknik_Membedah_Kasus_Bisnis. Gramedia

Pustaka Utama.

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12, Jilid 1. Erlangga. Kriyantono, & Moleong. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan

Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta).

Duta.Com, 9(September), 43–54. https://doi.org/2086-9436

Kuncoro. (2007). Manajemen Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Daya Saing.

Journal of Management in Education (JMIE), 1(1), 94–106.

Longenecker, Moore, & Pretty. (2013). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi

Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Journal of Asia Business Studies, 1–5. Moleong. (2004). metodologi penelitian. i, 16–28.

Pasolong, H. (2012). Manajemen Kinerja Organisasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro

Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pearce, & Robinson. (2008). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Journal of

Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Porter, M. . (2008). Competitive Advantage. Tim Penerbit.

Pustaka, K., Pemikiran, K., & Hipotesis, D. A. N. (2008). “Orientasi kewirausahaan

sebagai strategi benefit perusahaan untuk dapat berkompetisi secara lebih efektif

di dalam market place yang sama”. 1994, 17–37.

Rose, S., Clark M., Samouel, P ., and Hair, N. (2012). Online Customers Experience in

e-Retailing: An Emperial Model Of Antecendent of Antecendent and Outcomes.

Journal Of Retailing, 88(2), 308–322.

Salusu, J. (2003). Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan

Organisasi Nonprofit. PT. Grasindo.

Saputra, B. Y. (2015). Strategi Daya Saing Pengrajin Sutera Kabupaten Wajo. 2015.

http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Saroso. (2004). Manajemen Stratejik. pt erlangga.

Sondang P. Siagian. (2000). Manajemen Stratejik. PT Bumi Aksara.

Stoner, Freeman, & Jr, G. (2001). SKRIPSI Analisis Strategi Bisnis PO. Selera Masa

Dalam Menghadapi Persaingan. 1–8.

Sugiyono. (2012). Pengaruh jiwa kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan

usaha pada sentra industri rajutan binong jati bandung. Artikel Ilmiah, 14–15. Vliet, & Vincent, V. (2015). Penerapan Value Discipline Strategy Pada Bank Kaltim.

Sebatik, 18(1), 5–9. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/84/75 Wajo, D. P. K. (2020). Wajo Dalam Angka 2016. Dinas Perindustrian Kabupaten Wajo.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

  

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.