PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK UMKM PENGRAJIN SUTERA KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO (Studi Kasus pada Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo)
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i1.31646
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, dan apa saja Faktor Internal dan Eksternal Peningkatan Daya Saing Usaha Mirko Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pengrajin Sutera atau Pengusaha Sutera Losari Silk, Family Silk, Adenny Sutera dan Mega Sutera. Teknik pengumpulan data melalui observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data (pengurangan data), display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan/verifikasi. Dalam mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matriks SWOT dengan menganalisis faktor internal dan eksternal dari peningkatan daya saing yang dilakukan dengan memberikan gambaran umum mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari peningkatan daya saing yang dilakukan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak pengrajin sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo menggunakan lima bentuk peningkatan daya saing, yaitu keunikan produk, biaya/harga, kualitas produk, pengalaman pelanggan, dan kemudahan konsumen. Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo belum berjalan secara optimal. Saran peneliti agar pengrajin sutera harus lebih aktif dalam hal mempromosikan produknya baik lewat internet atau iklan.
Full Text:
PDFReferences
Adam, Haubl, G. (2000). Consumer decision-making in online shopping environments: The effects of interactive decision aids. Marketing Science, 19(1), 4–21.
Adytia dan Yuniawati. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Di The Trans Luxury Hotel Bandung. Tourism And Hospitaly Essential Journal, 5(1), 1–6.
Arnold, C., Hax, & Nicholas, S. M. (1991). The Strategy Process and Concept. Prentice.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo. (2012). Wajo Dalam Angka 2012. BPS kabupaten Wajo 2012.
Bharadwaj, & Supranoto. (2019). Indikator Keunggulan Bersaing. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Bryson, J. M. (2007). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Pustaka Pelajar. Dahlia. (2019). Strategi pemasaran Berbasis Elektronik Dalam Membangun Keunggulan Bersaing Pada Usaha Kecil (Studi Kasus Pada Adenny Sutera di
Kabupaten Wajo). Journal of Ekonomi.
David. (2011). Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata di Desa Katapang Raya
Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Journal of Chemical Information and
Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Dimas Hendika Wibowo. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis,
(1).
Fandy Tjiptono. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.
Fredy Rangkuti. (2009). Analisis_SWOT_Teknik_Membedah_Kasus_Bisnis. Gramedia
Pustaka Utama.
Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12, Jilid 1. Erlangga. Kriyantono, & Moleong. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan
Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta).
Duta.Com, 9(September), 43–54. https://doi.org/2086-9436
Kuncoro. (2007). Manajemen Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Daya Saing.
Journal of Management in Education (JMIE), 1(1), 94–106.
Longenecker, Moore, & Pretty. (2013). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi
Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Journal of Asia Business Studies, 1–5. Moleong. (2004). metodologi penelitian. i, 16–28.
Pasolong, H. (2012). Manajemen Kinerja Organisasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pearce, & Robinson. (2008). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Journal of
Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Porter, M. . (2008). Competitive Advantage. Tim Penerbit.
Pustaka, K., Pemikiran, K., & Hipotesis, D. A. N. (2008). “Orientasi kewirausahaan
sebagai strategi benefit perusahaan untuk dapat berkompetisi secara lebih efektif
di dalam market place yang sama”. 1994, 17–37.
Rose, S., Clark M., Samouel, P ., and Hair, N. (2012). Online Customers Experience in
e-Retailing: An Emperial Model Of Antecendent of Antecendent and Outcomes.
Journal Of Retailing, 88(2), 308–322.
Salusu, J. (2003). Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan
Organisasi Nonprofit. PT. Grasindo.
Saputra, B. Y. (2015). Strategi Daya Saing Pengrajin Sutera Kabupaten Wajo. 2015.
http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Saroso. (2004). Manajemen Stratejik. pt erlangga.
Sondang P. Siagian. (2000). Manajemen Stratejik. PT Bumi Aksara.
Stoner, Freeman, & Jr, G. (2001). SKRIPSI Analisis Strategi Bisnis PO. Selera Masa
Dalam Menghadapi Persaingan. 1–8.
Sugiyono. (2012). Pengaruh jiwa kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan
usaha pada sentra industri rajutan binong jati bandung. Artikel Ilmiah, 14–15. Vliet, & Vincent, V. (2015). Penerapan Value Discipline Strategy Pada Bank Kaltim.
Sebatik, 18(1), 5–9. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/84/75 Wajo, D. P. K. (2020). Wajo Dalam Angka 2016. Dinas Perindustrian Kabupaten Wajo.
Article Metrics
Abstract view : 224 times | PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.