Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan

Jumasni Jumasni(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan baik secara internal dan eksternal, positif ataupun negatif untuk mengarahkannya sangat terrgantung pada ketangguhan pimpinan. Penelitian ini membahas mengenai motivasi kerja terhadap disiplin kerja karyawan pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk memastikan tingginya tingkat korelasi pada variabel motivasi kerja terhadap disiplin kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakanformula statistika yang perhitungannya menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil pengolahan data untuk variabel motivasi kerja diperoleh nilai 69,6 persen sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja karyawan pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar masuk dalam kategori baik. Hasil pengolahan data untuk variabel disiplin kerja diperoleh nilai 62,5 persen maka dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja karyawan pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar masuk dalam kategori baik. Dari hasil analisis koefisien korelasi maka diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar = 0,595, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja berkorelasi dengan tingkat sedang pada disiplin kerja pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar.


Full Text:

PDF

References


Gaol, J. L. (2014). A to Z Human Capital - Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Hasibuan, H. M. S. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. bumi Aksara.

Mangkunegara, P. (2012). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Roosdakarya.

Mangkunegara, P. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Pratiwi, Dwi S. (2017). Motivasi Kerja Pegawai Kantor Keyahbandaran Utama Makassar. Skripsi (Makassar: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar).

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saleh, A. R., & Utomo, H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di PT. Inko Java Semarang. Among Makarti, 11(21).

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetens, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sinambela, L. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Siraj, M. L. (2019). Kompetensi, Kedisiplinan, Motivasi dan kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 93–100.

Siswanto, B. (2010). Manajemen Tenaga Kerja Rancangan dalam Pendayagunaan dan Pengembangan Unsur Tenaga Kerja. Bandung: Sinar Baru.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-28). 2015: Alfabeta.

Suharso, P. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan FIlosofi Dan Praktis. Jakarta: PT. Indeks.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.

Sujarweni, W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.

Syah, Yuniar, P.C. (2018). Pengaruh Absensi Fingerprint Terhadap Kinerja Melalui Disiplin Kerja (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Laboratorium Malang). Skripsi (Malang: Fakultas Ekonomi universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

  

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.