PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS (STUDI PADA MATERI POKOK INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN)

Abdul Mun'im(1*), Sudarto Sudarto(2), Muhammad Mahfud(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9683

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian menggunakan posttest only with Non-equivalent kontrol group design yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik studi pada materi pokok interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif model pembelajaran  kooperatif berbasis kontekstual terhadap hasil belajar IPA peserta didik studi pada materi pokok interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Sampel penelitian adalah siswa siswi dari SMP N 1 Kalukku kelas VII yang telah dipilih secara acak.  Kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis kontekstual yang diteliti dapat dilihat dari hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t untuk kedua kelompok. Teknik pengumpulan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai hasil belajar diambil dari tes evaluasi dan observasi langsung kedua kelompok. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh untuk kelompok eksperimen nilai rata-rata adalah 75,43; skor tertinggi adalah 90,00; skor terendah adalah 45,00; Standar deviasi adalah 12,246 dan kelompok kontrol nilai rata-rata adalah 64,30; skor tertinggi adalah 85,00; skor terendah adalah 40,00; Standar deviasi adalah 13,639. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh positif model pembelajaran kooperatif berbasis kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik Studi pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2007. Cooperative learning. Jakartak : Grasindo

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Depdiknas. 2009. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta:Depdiknas-Dikdasmen

Dicky Hastjarjo. 2008. Ringkasan Buku Cook & Campbell (1979) Quasi Experimentation : E-Book

Deporter, B. 2005. Quantum Learning & Character development : E-book

Ibrahim Dkk. 2000. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif. Jurnal pendidikan Vol.1 No.3

Johnson, D.W & Wright Jhonson. 1993. Cooperative Learning. http://www.clcrc.com

Kemendikbud. Buku Siswa IPA Terpadu untuk Kelas VII : E-Book

Nurhadi, Dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (cooperative learning di ruang kelas). Jakarta : Gramedia Widiasarana

Ridwan, M. 2013. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Citra Ilmu

Sahabuddin, 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar : Badan Penerbit UNM

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media

Slavin, E.R. 1994. Educational Psychology. E-Book

Sihono, T. 2004. Contextual Teaching and Learning Sebagai Model Pembelajaran dalam KBK. Jurnal ekonomi dan pendidikan UNY

Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT remaja Rosdakarya

Suyitno, I. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, edisi ke 20. Bandung : Alfabeta

Suparmi. 2012. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif dalam Kelas. Jurnal pendidikan vol.1 no.3

Syarif. 2012. Pendekatan CTL dalam Pembelajaran. Jurnal pendidikan vol.2 no.1

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi pustaka

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Dasar Pendidikan. Jakarta : Kencana media grup

Tiro, A.M. 2008. Dasar-Dasar Statistika Edisi Ke Tiga. Makassar : Andira Publisher

Wakhinuddin, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jogja : AZ-ZARA


Article Metrics

Abstract view : 243 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.