PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 KAHU (MATERI POKOK EKOSISTEM)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9682
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aisyah. N. L., & Nurlaela. L. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga Pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan Makanan Di SMK Negeri 1 Cerme, Gresik. e-journal Boga. 04, 01. pp. 1-10.
Gusniar. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Istrani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Vol 1. FMIPA Unimed.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mikran, Pasaribu, M, & Darmadi, I.W. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Vol 2. Jurusan Pendidikan MIPA, Universitas Tadulako.
Purnamasari, Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1. Program Pascasarjana Universitas Terbuka.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sirait, M & Noer, P.A. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Vol 1. FMIPA Unimed.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Sutama, I Nyoman, Ida Bagus Putu Arnyana, & Ida Bagus Jelantik Swasta. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi IPA SMA Negeri 2 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 4.
Article Metrics
Abstract view : 437 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.