PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 KAHU (MATERI POKOK EKOSISTEM)

Sitti Rahma Yunus(1*), Sudarto Sudarto(2), A. Takdir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9682

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kahu Studi Pada Materi Pokok Ekosistem dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperati Tipe Make A Match. (2) Hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kahu Studi Pada Materi Pokok Ekosistem dengan menggunakan model konvensional. (3) Ada tidaknya pengaruh positif model pembelajaran Kooperati Tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 4 Kahu Studi Pada Materi Pokok Ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy-exsperiment dengan menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kahu semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas. Adapun Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII.Bsebagai kelas eksperimen dan kelas VII.Asebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 25 item yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai hasil belajar yang diambil dari posttest kedua kelas. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperati Tipe Make A Match yang diteliti dapat dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,6 yang berada pada kategori tinggi dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,5 yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh positif model pembelajaran Kooperati Tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 4 Kahu Studi Pada Materi Pokok Ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Aisyah. N. L., & Nurlaela. L. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga Pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan Makanan Di SMK Negeri 1 Cerme, Gresik. e-journal Boga. 04, 01. pp. 1-10.

Gusniar. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Istrani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Vol 1. FMIPA Unimed.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Mikran, Pasaribu, M, & Darmadi, I.W. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Vol 2. Jurusan Pendidikan MIPA, Universitas Tadulako.

Purnamasari, Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1. Program Pascasarjana Universitas Terbuka.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sirait, M & Noer, P.A. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Vol 1. FMIPA Unimed.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sutama, I Nyoman, Ida Bagus Putu Arnyana, & Ida Bagus Jelantik Swasta. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi IPA SMA Negeri 2 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 4.


Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:
Jl. Daeng Tata Raya, Parangtambung, Tamalate, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90244
Email: jit@unm.ac.id
CP: 085255626679

Indexed by: