PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VII MTS NEGERI GANTARANG KAB. BANTAENG (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan)

Sitti Saenab(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Irma Suryani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9681

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video dengan pendekatan kontekstual  terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Gantarang  Kab. Bantaeng (Studi Pada Materi pokok Pencemaran Lingkungan). Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri Gantarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas. Adapun Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari uji normalitas menggunkan persamaan Chi-Kuadrat. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Chi-Kuadrat pada kelas eksperimen diperoleh skor x^2hitung = 3.892446216 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh skor x^2hitung = 2.07582501. Untuk skor x^2tabel  pada taraf signifikan 0,05 = dengan dk = 5 adalah 11,070, hal ini menunjukan bahwa x^2hitung < x^2tabel. Uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasil analisis data dengan menggunakan uji fisher menunjukan bahwa Fhitung = 1,25 < Ftabel = 2,17 .Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa Ha diterima pada α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan media video dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual tanpa menggunakan media video dengan hasil  thitung = 3,7267 >  ttabel(0,95) = 1,6866 pada taraf signifikan = 0,05, berdasarkan kriteria pengujiannya maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat simpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video dengan pendekatan  kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Gantarang pada materi pokok pencemaran lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:PT Refika Aditama.

Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Afdin, W. dan Oktaviansa, Y. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sidoarjo. JPTM. Vol. 2, No. 1

Anderson dan Krathwohl . 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran (Edisi Revisi).Jakarta :PT. Grafindo.

Daryanto. 2010. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Denim, S. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rinneka Cipta.

Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. www.physis.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Makassar: Diakses tanggal 25 Juli 2016.

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Ibrahim dan Nur, M. 2000. Pembelajaran berbasis masalah. Surabaya : Unesa-University press

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 3013. Bandung : Yrama Widya.

Kunandar. 2013. Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Depok:PT Rajagrafindo Persada

Nurhasanah, N. Juni 2009. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Peserta didik SD Laboratorium PGSD FIP UNJ. Jurnal Pendidikan Penabur - No.12/Tahun ke-8

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Purwono. Joni, S. Yutmini, S. Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajara. Vol.2, No.2, hal 127 – 144

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesional guru Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S. R. Rahardjo, Anung, Haryono dan Rahardjito. 2012. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok:Rajawali Pres.

Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Sardiman, M.A. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Rajawali Pres.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Smaldino, S. E. Lowther, D. L, Russell, J. D. 2011. Intstructional Technologi & Media For Learning / Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung:PT. Tarsito.

Sudjana, N. 2015. Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Roska Karya.

Tiro, M.A. 2004. Dasar-Dasar Statistika. Makassar:Andira Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.