PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VII MTS NEGERI GANTARANG KAB. BANTAENG (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9681
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:PT Refika Aditama.
Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Afdin, W. dan Oktaviansa, Y. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sidoarjo. JPTM. Vol. 2, No. 1
Anderson dan Krathwohl . 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Pustaka Belajar: Yogyakarta.
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran (Edisi Revisi).Jakarta :PT. Grafindo.
Daryanto. 2010. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Denim, S. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rinneka Cipta.
Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. www.physis.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Makassar: Diakses tanggal 25 Juli 2016.
Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Ibrahim dan Nur, M. 2000. Pembelajaran berbasis masalah. Surabaya : Unesa-University press
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 3013. Bandung : Yrama Widya.
Kunandar. 2013. Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.
Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Depok:PT Rajagrafindo Persada
Nurhasanah, N. Juni 2009. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Peserta didik SD Laboratorium PGSD FIP UNJ. Jurnal Pendidikan Penabur - No.12/Tahun ke-8
Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Purwono. Joni, S. Yutmini, S. Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajara. Vol.2, No.2, hal 127 – 144
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesional guru Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arief S. R. Rahardjo, Anung, Haryono dan Rahardjito. 2012. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok:Rajawali Pres.
Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Sardiman, M.A. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Rajawali Pres.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Smaldino, S. E. Lowther, D. L, Russell, J. D. 2011. Intstructional Technologi & Media For Learning / Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung:PT. Tarsito.
Sudjana, N. 2015. Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Roska Karya.
Tiro, M.A. 2004. Dasar-Dasar Statistika. Makassar:Andira Publisher.
Article Metrics
Abstract view : 329 times | PDF view : 57 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.