INVENTARISASI ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM IPA DENGAN FITUR QUICK RESPONSE CODE (QR CODE)

Ratnawati Mamin(1*), Sitti Saenab(2), Nurhayani Haji Muhiddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9660

Abstract


Inventarisasi alat dan bahan Laboratorium IPA UNM saat ini telah dilakukan secara manual, akan tetapi masih banyak ditemukan berbagai kekurangan, untuk meminimalisir berbagai kerkurangan tersebut pengelola Laboratorium IPA UNM mencoba untuk memanfaatkan teknologi, Salah satunya memanfaatkan aplikasi QR Code. Pemanfaatan QR Code telah banyak digunakan akan tetapi pemnafaatannya untuk alat dan bahan laboratorium di IPA Terpadu UNM merupakan suatu hal yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inventarisasi alat dan bahan laboratorium Pendidikan IPA dengan fitur QR Code. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan menyajikan gambaran  penggunaan QR Code dalam menginventarisasi alat dan bahan Laboratorium IPA FMIPA UNM. Fokus penelitian ini adalah inventarisasi alat dan bahan di Laboratorium IPA FMIPA UNM. Hasil inventarisasi alat dan bahan laboratorium IPA Terpadu terhimpun didalam sebuah blog yang ketika dipindai akan memunculkan alat dan bahan di dalam blog. Semua alat utama dan bahan-bahan dasar dalam praktikum IPA Terpadu telah diventarisasi dengan menggunakan QR Code. 

Full Text:

PDF

References


Ariadi. 2011. Analisis dan Perancangan Kode Matriks Dua Dimensi Quick Response (QR) Code. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

De Pietro, O., & Fronter, G. (2012). Mobile Tutoring for Situated Learning and Collaborative Learning in AIML Application Using QR-Code. 2012 Sixth International Conference on Complex, Intelligent, and Software Intensive Systems (pp. 799-805). doi: 10.1109/CISIS.2012.154.

Kopf, S., Scheele, N., Winschel, L., & Effelsberg, W. (2005). Improving activity and motivation of students with innovative teaching and learning technologies. Methods and Technologies for Learning, 551-556.

Latif, L. A., Fadzil, M., Munira, T. A., & Ng, M. S. (2011). Can The Use Of QR Codes Enhance M-Learning In A Blended Learning Environment?.Journal Lifelong Learning Society, 8(2), 1-20.

Lee, J., Lee, I., & Kwon, Y. 2011. Scan & Learn! Use of Quick Response Code & Smartphones in a Biology Field Study. The American Biology Teacher. 73(8), 485-492.

Purnama, Adi. 2014. Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Mobile Qr Code (Studi Kasus Universitas Widyatama). Diakses dari http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4675, 22 Februari 2017

Rikala, J. & Kakaaranta, M. 2012. The Use of Quick Response Code in the Classroom. Online. http://ceur-ws.org/Vol-955/papers/paper_40.pdf.

Rouillard, J. 2008. Contextual QR Codes. The Third International Multi-Conference on Computing in the Global Information Technology. Prosiding 50-55.

Sarlito, W.S. 1991. Psikologi Remaja. Jakarta: P.T. Rajawali.

Zaini, M. H., 2016. Kebolehlaksanaan Penggunaan Kod Quick Response terhadap Pembelajaran Herba Kesihatan dalam Kalangan Pelajar Institut Pengajian Tinggi di Malaysia. Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 4 (2), April 2016.


Article Metrics

Abstract view : 2928 times | PDF view : 573 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.