PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 6 WATAMPONE

Nurazizah Nurazizah(1*), Sudarto Sudarto(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9659

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) deskripsi keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA peserta didik SMPN 6 Watampone yang dibelajarkan dengan metode mind mapping pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number head together); (ii) pengaruh penggunaan metode mind mapping pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT (number head together) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 6 Watampone studi pada materi pokok interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest–posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 6 Watampone yang terdiri dari 8 kelas reguler dan 1 kelas unggulan dengan teknik pengambilan sampel purposive random class sampling. Kelas VII B terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kreatif dan tes hasil belajar IPA peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh bahwa (i) keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA peserta didik SMPN 6 Watampone yang dibelajarkan dengan metode mind mapping pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number head together) lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan tanpa metode mind mapping pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number head together) yang berada pada kategori sedang dan tinggi sekali. Analisis inferensial menunjukkan bahwa (ii) penggunaan metode mind mapping pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT (number head together) pada a = 0,05berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan hasil belajar IPA peserta didik (studi pada materi pokok Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan)

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W. et al (Eds). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Blooms’ Taxonomy of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Amirullah, Gufron. 2007. Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jakarta : JurnalVisi. Vol 2.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Basuki, T. 2000. Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis tidak diterbitkan. Bandung.

Buzan, T. 2004. How to Mind Map – Mind Map untuk meningkatkan kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, dkk. 2007. Quantum Teaching, Mempratikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Djumingin, S. 2011. ”Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra” .Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Evans, J. 1994. Berpikir kreatif dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Cetakan I. Jakarta: Bumi Aksara.

Gujer, M., dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Mind Map terhadap Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal tidak diterbitkan. Sumatera Barat: Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI.

Haling, A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hasibuan, J. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Herlina, L. 2013. Penggunaan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Organ di SMP Negeri 281 Jakarta. Jakarta : Jurnal Lemlit UHAMKA.

Hudojo. 2002. Peta Konsep. Jakarta: Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat Perbukuan Depdiknas.

Kurniatin, M. 2013. Pengaruh Penerapan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kompetensi Dasar Menganalisis Kehidupan awal Masyarakat IndonesiaKelas X MAN Sumenep. Jurnal tidak diterbitkan. Universitas Negeri Surabaya.

Munandar, U. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rimeka Cipta.

Mustami, M. K. 2007. Pengaruh Model Pembelajaran Synectics dipadu Mind Maps terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif, dan Penguasaan Materi Biologi. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang

Ngalimun, dkk. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurhidayah. 2014. Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 2 Watampone. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Omrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Priantini, dkk. 2013. Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal diterbitkan (Volume 3). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Pujiasih, dkk. 2000. Perbedaan Model Pembelajaran DI (Direct Instruction) melalui Metode Mind Mapping dan Metode Konvensional terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal tidak diterbitkan. Malang: Universitas Kejuruan Malang.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Saleh, A. R. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Teknik Mind Mapping dan Kemampuan Akademik terhadap Kreativitas, Hasil Belajar, dan Retensi Belajar Kognitif Biologi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Se-Kabupaten Wajo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Satiadarma, M. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer.

Semiawan, C. 2004. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Grasindo.

Siberman, M. 2006. Active Learning Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.

Silaban. 2013. Pengaruh Media Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran menggunakan Advance Organizer. Http://digilib.unimed.ac.id/public/unimed-article-23269-1.%20 ramlanunimed. pdf. Diakses pada tanggal 17 Juni 2016.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Proses-Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiarto, I. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan (R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunito, I., dkk. 2013. Metaphorming Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: Indeks

Suparmi. 2012.”Pembelajaran Kooperatif Dalam Pendidikan Multikultural”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi.Vol 1.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Swadarma, D. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tawil dan Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di

Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wang, W. 2010. A Brief Review on Developing Creative Thinking in Young Children by Mind Mapping. Jurnal diterbitkan. International Business Research Vol. 3 No. 3 July 2010.

Widyastuti, S. 2010. Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam Menulis. Klaten: Pusat Pengembangan Anak.

Wena, M. 2008. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer”. Malang: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 648 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.