RESPON GURU BIOLOGI TERHADAP PEMANFAATAN INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGI (ICT) DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Firdaus Daud(1*), Sitti Saenab(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9658

Abstract


Pemahaman akan teknologi sangatlah dibutuhkan seorang guru saat ini agar mampu bersaing pada era MEA . Information Communication Technologi (ICT)  adalah salah satu bidang kajian yang beberapa tahun kebelakang mulai berkembang di negara kita dan telah banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang Beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pula bahwa pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui respon guru biologi terhadap pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan guru yang menjadi sampel  merasa tertarik dengan pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran,  dengan tingkat ketertarikan berada pada katagori kuat (74,73%), hal ini dapat berarti bahwa pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran akan semakin meningkat.

Full Text:

PDF

References


Cheng. Y.H, Cheng J.T, Chen D.J. 2012. The Effect of Multimedia Computer Assisted Instruction and Learning Style on Learning Achievement. Wseas Transactions On Information Science And Applications. E-Issn: 2224-3402. Volume 9, January 2012.

Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewantoro. 2017. Kompetensi Guru Abad 21 Sebagai Tuntutan Pembelajaran Guru. Silabus pendidikan indonesia. Diakses di http://silabus.org/kompetensi-guru-abad-21/

Liu, Eric Zhi-Feng., Lin ,Shun-hung., Jian,Pei-Hsin, Liou, Pey-yan. (2012). The Dynamic of Motivation and Learning Strategy in A Creativity-Supporting Learning Enviroment in Higher Education. TOJET : The Turkish Online Journal of Education Tecnology. Volume 11 issue 1

Malapu, Syarun .(1998). Profesionalisme Guru dalam Upaya Meningkatan Potensi Peserta Didik. Mutu .Vol. VII. No.2. Penerbit: Dirjen

Mattar, Joao A. 2010. Constructivism and Connectivism in EducationTechnology: Active Situated, Authentic, Experiential, and Anchored Learning. Boise State University

Suparlan. 2007. Effective Teaching, Evidence and Practice

Sang, G. Valcke,B. Braak, J.P. Tondeur. 2009. Student teachers’ thinking processes and ICT integration: Predictors of prospective teaching behaviors with educational technology. Computers & Education. journal homepage: www.elsevier.com/locate/compedu.

Yapici, I. U, & Akbain, H. 2012. The Effect Of Blended Learning Model On High School Students’ Biology Achievement and On Their Attitudes Towards The Internet. Turkish Online Journal of Educational Technology, (online), 11 (2), 228-237.


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.