PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9651
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Djamas, D., Syakbaniah, dan Anggraini, W. 2014. Implementasi Model Pemecahan Masalah Fisika Bernuansa Saintifik untuk Meningkatkan Karakter Berpikir Kritis Siswa SMAN 3 Kota Padang. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan MIPA tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang: Padang.
Hapsari, D.P., Sudarisman, S., dan Marjono. 2012. Pengaruh Model Terbimbing dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS Vol. 4, No. 3. Diakses pada tanggal 15-November-2015.
Jamaan, E.Z. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Apa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional PendidikanMIPA tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang: Padang.
Kartimi, Liliasari, dan Permanasari, A. 2012. Pengambangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Senyawa Hidrokarbon untuk Siswa SMA di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 13, No. 21. Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung: Lampung.
Kemendikbud. 2014. Buku Guru: Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Muslich, 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, Mohamad. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Pusparatri, R.K.D. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Jurnal Ilmiah Guru No. 2, TH. XVI. Diakses pada tanggal 15-November-2015.
Savery, J.R. 2006. Overview of Problem Based Learning: Definitions and Distinctions. The Interdiciplinary Journal of Problem-based learning Vol. 1, No. 1. Diakses pada tanggal 09-November-2015.
Solihatin, E., dan Wijanarko, A. 2014. Pelatihan Model Pembelajaran Problem Based Learning sesuai Kurikulum 2013 pada Guru dan Calon Guru (dalam Sarwahita, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 11, No. 1). Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Jakarta: Jakarta.
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 2, No. 2. Diakses pada tanggal 15-November-2015.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syakbaniah, Djamas, D., dan Aini, F. 2014. Pengaruh Integrasi Solution Path Outline (SPO) dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan MIPA tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang: Padang.
Tawil, Muh. dan Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Article Metrics
Abstract view : 293 times | PDF view : 30 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.