PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Ramlawati Ramlawati(1*), Andi Rahmat Saleh(2), Putri Rabiatul Adawiyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9651

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan menerapkan model PBM di kelas VIISMP Negeri 26 Makassar; (2) untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan tanpa menerapkan model PBM di kelas VIISMP Negeri 26 Makassar; (3) untuk mengetahui adanya perbedaan antara model PBM dan model konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Skor rata-rata keterampilan berpikir kritis untuk kelas yang diajar dengan model PBM sebesar 56,71; sedangkan kelas yang diajar tanpa model PBM sebesar  41,42. Analisis statistik inferensial yang digunakan ada tiga, yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Analisis data menggunakan uji-t  (dengan taraf signifikansi 0,05) diperoleh 3,89 >2,00. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok pencemaran lingkungan yang diajar dengan model PBM dan kelas yang diajar tanpa model PBM. Jadi dapat disimpulkan bahwa (1) Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan menerapkan model PBM di kelas VII SMP Negeri 26 Makassar pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan dengan rata-rata 56,71 berada pada kategori tinggi; (2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan tanpa menerapkan model PBM di kelas VII SMP Negeri 26 Makassar pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan dengan rata-rata 41,42 berada pada kategori rendah; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan yang dibelajarkan dengan menerapkan model PBM di kelas VII SMP Negeri 26 Makassar.

Full Text:

PDF

References


Djamas, D., Syakbaniah, dan Anggraini, W. 2014. Implementasi Model Pemecahan Masalah Fisika Bernuansa Saintifik untuk Meningkatkan Karakter Berpikir Kritis Siswa SMAN 3 Kota Padang. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan MIPA tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang: Padang.

Hapsari, D.P., Sudarisman, S., dan Marjono. 2012. Pengaruh Model Terbimbing dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS Vol. 4, No. 3. Diakses pada tanggal 15-November-2015.

Jamaan, E.Z. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Apa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional PendidikanMIPA tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang: Padang.

Kartimi, Liliasari, dan Permanasari, A. 2012. Pengambangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Senyawa Hidrokarbon untuk Siswa SMA di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 13, No. 21. Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung: Lampung.

Kemendikbud. 2014. Buku Guru: Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Muslich, 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, Mohamad. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Pusparatri, R.K.D. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Jurnal Ilmiah Guru No. 2, TH. XVI. Diakses pada tanggal 15-November-2015.

Savery, J.R. 2006. Overview of Problem Based Learning: Definitions and Distinctions. The Interdiciplinary Journal of Problem-based learning Vol. 1, No. 1. Diakses pada tanggal 09-November-2015.

Solihatin, E., dan Wijanarko, A. 2014. Pelatihan Model Pembelajaran Problem Based Learning sesuai Kurikulum 2013 pada Guru dan Calon Guru (dalam Sarwahita, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 11, No. 1). Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Jakarta: Jakarta.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 2, No. 2. Diakses pada tanggal 15-November-2015.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syakbaniah, Djamas, D., dan Aini, F. 2014. Pengaruh Integrasi Solution Path Outline (SPO) dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan MIPA tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang: Padang.

Tawil, Muh. dan Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.