PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAREBBO KABUPATEN BONE YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
(1) SMP Negeri 3 Barebbo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9650
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ade Satrio Nugroho. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA kelas V SDN Kebonduren 02 Ponggok Kabupaten Blitar. Jakarta: Grasindo.
Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendana.
Arends, R.L. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Company.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati& Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Haling, A. 2006. Belajar dan pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hamdu & Agustina. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12 No.1 April 2011.
Ibrahim. M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA University Press.
Irianto, Agus. 2004. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana
Khaeruddin, 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: UNM Press.
Manurung. 2010. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.
Riduwan. 2013. Metode dan Teknik menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sholikhah, Alimatus. 2010. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika melalui Strategi Contextual
Teaching and Learning (CTL) Berbasis Portofolio. Surakarta: Skripsi
Studi S-1 FKIP UMS (Tidak Diterbitkan).
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Statistik.
Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sumargi, Marhaeni, & Widiartini. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Bedulu.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:
Konsep Landasan dan Implementasinyapada Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, B.H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, WS. 1982. Psikologi pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.
Article Metrics
Abstract view : 180 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.