EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PDEODE BERPENDEKATAN SSI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK

Cut Dinna Puspa Kartikasari(1), Arif Billah(2*), Nurul Afdhilla(3),

(1) Prodi Tadris IPA, Universitas Islam Negeri Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Prodi Tadris IPA, Universitas Islam Negeri Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
(3) SMP Negeri 4 Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.51850

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji penerapan model pembelajaran PDEODE berpendekatan SSI, 2) menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran PDEODE berpendekatan SSI terhadap peningkatan keterampilan berpikir analitis, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran PDEODE berpendekatan SSI terhadap peningkatan keterampilan berpikir analisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experiment dengan pretest-posttest control grup design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 247 orang. Pemilihan sampel secara cluster random sampling yaitu kelas eksperimen 30 orang dan kelas kontrol 30 orang.  Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung(-2,154) dan ttabel (2,001). Dikarenakan skor thitung = merupakan skor mutlak, maka thitung > ttabel. Dengan (Pvalue 0,035 < 0,05), sehingga hipotesis diterima. Oleh karena itu, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PDEODE berpendekatan SSI yang efektif meningkatkan keterampilan berpikir analitis. Selain itu, hasil lembar penilaian sikap siswa sebesar 94% pada kelas kontrol dan 96% pada kelas eksperimen, serta angket respon siswa dengan persentase sebesar 86%.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Reseacrh and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.

Aisya, N., Wibowo, Y., & Aminatun, T. (2017). The Influence of Socioscientific Issues On Reflective Judgment Of High School's Student In Ecosystem Material. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 14. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5346

Alviaturrohmah, K., Fauziah, H.N., Aristiawan., & Kusumaningrum., A.C. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran PDEODE (Predict – Discuss – Explain – Observe – Discuss – Explain) Berorientasi pada Socio Scientific Issue terhadap Kemampuan Observasi Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 171-178.

Arifah, M.A., & Widiyanti, F. (2023). Penerapan Pembelajaran TGT Menggunakan Media Monopoli IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Tata Surya. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 93-98.

Artawan, I.K., Pujiani, N.M., & Juniartina., P.P. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 8 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5(1), 89-98.

Costu, B. (2008). Learning Science through the PDEODE Teaching Strategy: Helping Students Make Sense of Everyday Situations. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(1), 3–9.

Damayanti, T., Slamet, A., & Ze, D. (2017). Penerapan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Dalam Penguasaan Konsep Sistem Indera Pada Pembelajaran Biologi Di SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(2), 201-214.

Dewi, S. Z., & Suhandi, A. (2016). Penerapan Strategi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE) Pada Pembelajaran IPA SD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Menurunkan Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 12-21.

Erza, F., & Nasrudin, H. (2017). Capaian Keterlaksanaan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Journal of Chemical Education, 6(2), 190-195.

Fikri, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas V MI Yaspuri Malang. (Skripsi). Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Malik Ibrahim.

Gutierez, S. B. (2015). Integrating socio-scientific issues to enhance the bioethical decision-making skills of high school students. International Education Studies, 8(1), 142–151. https://doi.org/10.5539/ies.v8n1p142

Halimah, M., Solfarina., & Langitsari, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PDEODE untuk Meningkatkan KPS Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15-22.

Jariah, S. A., & Aminatun, T. (2022). Implementation of the Socio-scientific Issues Approach with the Investigative Group Learning Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills on Environmental Change Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1042–1048. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1197

Kusumawati, E.R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1500-1507. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220.

Ma'rifah, U., Yunita., & Mulyani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 1 Mandirancan. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 2(2), 112–26.

Muhsin, L.B., & Laksono, E.W. (2023). Development of integrated Assessment to Measure student’s Analytical Thinking Skills and Scientific Attitudes for Chemical Equilibrium Topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 556–562. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2191

Oh, J. Y. (2017). Suggesting a NOS Map for Nature of Science for Science Education Instruction. EURASIA: Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(5), 1461-1483. DOI 10.12973/eurasia.2017.00680a.

Qutni, D., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Human Resource Management in Improving The Quality of Education. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 354-366. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.132.

Rahman, B.P., Munandar, S.A., Fitriani. A., Karlina,Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur – Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.

Ranne, C.S., & Kolari, S. (2003). Promoting the Conceptual Understanding of Engineering Students through Visualisation. Global J. of Engng. Educ, 7(2), 189-200.

Rohmawiyah. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Dan Penalaran Moral Siswa Kelas XI SMAN 1 Negerikaton Pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi tidak diterbitakan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Rosana, D. (2020). The Effect of Problem Based Learning Based Sosio-Scientific Issues on Scientific Literacy and Problem-Solving Skills of Junior High School Students. Journal of Science Education Research, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34234

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814

Sadhu, S., & Laksono, E. W. (2018). Development and Validation of an Integrated Assessment for Measuring Critical Thinking and Chemical Literacy in Chemical Equilibrium. International Journal ofInstruction, 11(3), 557-572. http://dx.doi.org/10.12973/iji.2018.11338a

Savitri, E.N., Amalia, A.V., Prabowo, A., Rahmadani, O.E.P., & Kholidah., A. (2021). The Effectiveness Of Real Science Mask With Qr Code On Students’ Problem-Solving Skills And Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 209-219. 10.15294/jpii.v10i2.29918.

Saputro, B., Saerozi, M., & Ardhiansyah, F. (2020). Philosophical Reflections: Critical Analysis of Learning Strategies for Science Practicum During The COVID-19 Pandemic. Jurnal IJORER, 1(2), 78-89.

Shanthi, R.V., & Maghfiroh., S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Di MI Ma'arif Pulutan, Jurnal Magistra, 11(1), 38-51.

Sugiarti, Y., & Nasrudin, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Terbimbing Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Journal of Chemical Education, 4(1), 18-26.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sundari., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner Dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda, 3(2), 128–36.

Utomo, A.P., Narulita., & Billah, R.N.I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socioscientific Issue (SSI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 4(2), 149-159. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1259.

Zeidler, D.L., Sadler, D., Simmons, M.L., & Howes, E.V. (2005). Beyond STS: A Research-Based Framework for Socioscientific Issues Education. Jurnal of Science Education, 89(3), 357-377.

Zuhaida, A & Mubtasyiroh, Z. (2022). Efektivitas Model Project Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 6(2), 119-129. 10.24815/jipi.v6i2.24440.


Article Metrics

Abstract view : 354 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.