PROFIL KETERAMPILAN KOLABORASI CALON GURU IPA DI SULAWESI SELATAN

Andi Rahmat Saleh(1), Sitti Saenab(2*), Adnan Adnan(3), Nurfadilah Hasan(4),

(1) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.40546

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan profil keterampilan kolaborasi calon guru IPA di Sulawesi Selatan. Penelitian  ini melibatkan 309 mahasiswa pendidikan IPA yang tersebar di tiga kampus di Sulawesi Selatan, Indonesia yaitu Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Bosowa (UNIBOS) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pare-Pare. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner keterampilan kolaborasi dengan penskoran menggunakan skala likert. Indikator kuesioner keterampilan kolaborasi terdiri atas (1) Bekerja secara produktif, (2) Menunjukkan sikap hormat-menghormati, (3) Saling bersepakat, dan (4) Berbagi tanggungjawab dan berkontribusi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan kolaborasi mahasiswa Pendidikan IPA Sulawesi Selatan memiliki rata-rata nilai yaitu 70% yang berada pada kategori kuat.


Full Text:

PDF

References


Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryanti, N. (2019). Development Frameworks of the Indonesian Partnership 21st-Century Skills Standards for Prospective Science Teachers: A Delphi Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 8, No 1. Hal 89-100.

Akinyemi, A. F., Rembe, S., Shumba, J., & Adewumi, T. M. (2019). Collaboration and Mutual Support as Processes Established by Communities of Practice to Improve Continuing Professional Teachers’ Development in High School. Cogent Education, Vol 6. Hal 1-19.

Aldahmash, A. H., Alshamrani, S. M., Alshaya, F. S., & Alsarrani, N. A. (2019). Research Trends in In-service Science Teacher Professional Development from 2012 to 2016. International Journal of Instruction, Vol 12, No 2. Hal 163-178.

Anantyarta, P., & Sari, R. L. (2017). Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif melalui Multimedia berbasis Means Ends Analysis Collaborative and Metacognitive Skilss Through Multimedia Means Ends Analysis Besed. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, Vol 2, No 2. Hal 33-43.

Ardila, I. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Riset Finansial Bisnis.

Ardila, R., Nurhasaah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajaran di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Castaner, X., & Oliveira, N. (2020). Collaboration, Coordination, and Cooperation Among Organizations: Establishing the Distinctive Meanings of These Terms Through a Systematic Literature Review. Journal of Management, Vol 46, No 6. Hal 965-1001.

Catalano, C. (2018). The Developement of Personal Skills by Collaborative Learning Activities . Educatia 21 Journal, Vol 16, No 1. Hal 87-91.

Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA . Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 18, No 1. Hal 57-72.

Gentry, R. (2012). Collaboration Skills Pre-Service Teachers Acquire in a Responsive Preparation Program. Journal of Instructional Pedagogies, 8.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authenthic Learning. California: Corwin A Sage Comany.

Hairida, Marmawi, & Kartono. (2021). An Analysis of Students’ Collaboration Skills in Science Learning Through Inquiry and Project-Based Learning. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol 6, No 2. Hal 219-228.

Handini, O., & Soekirno, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi dengan Teknik “FIVE E” untuk Meningkatkan Kemampuan Berwawasan Global pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2016. Research Fair Unisri, Vol 1, No 1. Hal 73-82.

Ilma, S., Al-Mudhar, M. H., Rohman, F., & Saptasari, M. (2022). Promote Collaboration Skills During the COVID-19 Pandemic Through Predict-Observe-Explain-based Project (POEP) Learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), Vol 8, No 1. Hal 32-39.

Kundarti, M., Latifah, A. N., Laili M, R., & Susilo, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Lesson Study Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi UNM. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi IPA dan Pembelajaran, Hal 232-238.

Lepareur, C., & Grangeat, M. (2018). Teacher Collaboration’s Influence on Inquiry-Based Science Teaching Methods. Education Inquiry, Vol 9, No 4. Hal 363-379.

Levy, O. S., Eylon, B. S., & Scherz, Z. (2008). Teaching Communication Skills in Science: Tracing Teacher Change. Teaching and Teacher Education, Vol 24. Hal 462-477.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, Vol 12, No 1. Hal.

Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol 8, No 2. Hal 428-443.

Rahmawati, D. U., Jumadi, & Ramadan, E. M. (2021). Problem-Based Blended Learning: The Impacts on Students’ Collaborative Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol 528. Hal 492-499.

Riduwan. (2004). Motede Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Roschelle, J., & Teasley, S. D. (1995). The Construction of Shared Knowledge in Collaborative Problem Solving .

Saenab, S., Yunus, R. S., & Husain, H. (2019). Pengaruh penggunaan Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, Vol 8, No 1. Hal 29-41.

Saputri, S. S., & Aminatun, T. (2020). The Importance of Improving Collaboration Skill in Confront an Earthquake with Mitigation Learning: A Content Analysis. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education, Vol 541.

Sari, D., & Tjen, C. (2017). Corporate Social Responsibility Disclosure, Environmental Performance, and Tax Aggressiveness. International Research Journal of Business Studies, Vol 9, No 2. Hal 93-104.

Sari, K., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol 6, No 8. Hal 1-7.

Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syurbakti. (2020). Implementasi keterampilan Kolaborasi pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPA si SMA Negeri 1 Simpang Empat melalui Model Pembelajaran Cooverative Learning. OSF Preprints.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, Vol 4, No 2. Hal 130-137.

Weiss, M. P., Pellegrino, A., & Brigham, F. J. (2016). Practicing Collaboration in Teacher Preparation: Effects of Learning by Doing Together. Teacher Education and Special Education, Vol 40, No 1. Hal 65-76.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, Hal 1-7.


Article Metrics

Abstract view : 368 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.