PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESITASI PADA PEMBELAJARAN IPA SMP
(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(5) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.39849
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bansu, D. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 7 Wonomulyo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan). Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 32–38. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11165
Daroni, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA ( Materi Pokok Mendeskripsikan Karakteristik Sistem Tata Surya ) Melalui Strategi Kooperatif Model Resitasi Siswa Kelas IX MTS Imam Al Ghozali Panjerejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. 2, 291–297.
Dewi, P. C., Ashari, & Ngazizah, N. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep dan Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SMP Negeri 9 Purworejo Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(1), 49–52.
Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2016). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Software Autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1–6.
Kasmir, K. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 340–350. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.58
Lana, K., & Malan, I. H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Konsep Gaya dengan Menggunakan Metode Resitasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan. KUANTUM Jurnal Pembelajaran & Sains Fisika, 2(1), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4862359
Lesmana, A., & Aminatun, T. (2019). Keefektifan Model Problem Posing Dipadu Metode Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 580. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12414
Mukhlis. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Sub Tema Suhu Dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Eksploratif Dan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas V Upt. Sd Negeri 04 Saruaso. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(2), 223–232. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.652
Putra, I. W. A., & Sasinggala, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Demokratik dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA SMP Negeri 1 Dumoga. SCIENING : Science Learning Journal, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.30
Putri, S. I. (2020). Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Masker Kain dalam Pencegahan Transmisi Covid-19. Jurnal Kesehatan Manarang, 6(khusus), 10.
Santoso, A. E. A. (2020). Metode Pembelajaran Pemberian Tugas (Resitasi). Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 219–227.
Sidani, L. K., Hatibe, A., & Darmadi, I. W. (2021). Pengaruh Metode Resitasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kalor dan Perpindahannya The Effect of the Recitation Method in the Cooperative Learning Model to Improve Learning Outcomes of Heat and Its Transfer kemaj. 9(4), 141–148.
Sitorus, E. R. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Kompetensi Dasar Sistem Koordinasi dan Alat Indera Manusia Melalui Metode Pembelajaran Resitasi pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.I No.(2), 2–4.
Sukarni, W., Astalini, & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review: Implementasi Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Sikap Siswa. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37251/jee.v2i1.163
Taskirah, A., & Dupa, Y. (2021). Perbanndingan Metode Diskusi Dengan Dengan Metode Resitasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Celebes Biodeversitas, 4(2), 1–9.
Tonaiyo, H., Ilato, R., & Isa, R. (2020). Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4468
Yassir, Rika, S. (2020). Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Struktur Jaringan Organ Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawe Bulan Kutacane Tahun Ajaran 2018. Serambi Konstruktivis, 2(3), 43–52.
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Zayyadi, M. (2016). Perbandingan Prestasi Belajar antara Siswa yang Diajar Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing dengan Metode Tugas dan Resitasi. Jurnal Kependidikan, 9(2), 139–142.
Zebua, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(1), 80–86. https://doi.org/10.53695/js.v2i1.519
Article Metrics
Abstract view : 247 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.