DESKRIPSI KETERAMPILAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ZAT DAN ENERGI BERBASIS MINIATURE PROJECT

Rifda Nur Hikmahwati Arif(1*), Hasanuddin Hasanuddin(2), Arie Arma Arsyad(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.39263

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan pemanfaatan lingkungan, (2) dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan pemanfaatan lingkungan dan instrumen test penilaian hasil belajar mahasiswa. Subjek penelitian merupakan seluruh mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM yang sedang mengikuti perkuliahan Zat dan Energi pada Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Selanjutnya hasil penelitian diperoleh: (1) Keterampilan pemanfaatan lingkungan melalui media pembelajaran zat dan energi berbasis minature project mendapat nilai dengan rata-rata 2,68 dengan kategori efektif, (2) dan ketuntasan hasil belajar melalui media pembelajaran zat dan energi berbasis minature project mendapatkan nilai dengan rata-rata 78,08 dengan kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 15(1), 1-7.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Djamarah, S.B, dkk. (2006). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen, P. & D. Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.

Hadi, R.F. & R.D. Anazifa. (2016). Pendidikan Lingkungan Nonformal sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education). Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan.

Hamid, M. A., Rahmi, R., Masrul, J., Meilani, S., dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hendrawati, E., (2013), Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumberbelajar Melalui metode inkuiri Terhadap hasil belajar siswa SDN 1 Sribit Delangu Pada Pelajaran IPS. Jurnal Pedagogia, 2(1):59-72, Universitas Muhammadiah Surabaya, Surabaya.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 121-129.

Irwandi, Winarti, A, and Zaini, M. (2019). Kepraktisan buku ilmiah populer tentang penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 4, No. 3, pp. 548-554).

Mamin, R., & Arif, R. N. H. (2019). Efektivitas media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa pada Matakuliah IPA Sekolah. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28-33.

Pratiwi, P., Agung, A. G., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ExamplesNon Examples Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 159-168.

Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sa’adah, & Nuraini. (2015). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Rumus- Rumus Segitiga Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Untuk Siswa Kelas XI. Artikel Jurnal Skripsi.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan model PBL menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1).

Supardi, Bahrudin. (2003). Berbakti Untuk Bumi. Bandung: Rosdakarya.

Sutopo. (2012). Teknologi dan Informasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utami, A. U. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Kiprah, 8(2).


Article Metrics

Abstract view : 229 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.