PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGALI INFORMASI
(1) Program Studi Tadris IPA, IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
(2) Program Studi Tadris IPA, IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.37755
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28. https://doi.org/10.31949/TH.V2I1.571
Cahya, W. I., Sutansi, & Muzaki, F. I. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggali Informasi Dari Dongeng Binatang Melalui Media Auido Visual di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 73–79.
Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue April).
Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270
Indriwati, S. E., Susilo, H., & Anggrella, D. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Keanekaragaman Hewan Untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 38–46. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/5391
Isnain, A. S., Irawan, E., Ekapti, R. F., & Faizah, U. N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 314–322. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.144
Kholifa, N. (2021). Studi Komparasi Keampuan Menggali Informasi dengan Penggunaan MModel Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran dan Model Kooperatif tipe jigsaw Berbasis feedback pada peserta didik kelas viii di smp 1 jetis. IAIN Ponorogo.
Kholifah, N., & Irawan, E. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia. Komparasi Kemampuan Menggali Informasi Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran Dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Feedback Pada Mata Pelajaran IPA, 1(3), 364–374.
Lahadisi. (2014). Inkuiri : Sebuah strategi menuju. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 85–98.
Lamtaruli, Haryanto, A. S. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMAN 11 Kota Jambi. Artikel Jurnal, 135(January 2006), 989–1011.
Nazilah, F., Iswara, P. D., & Sudin, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menggali Informasi Dari Teks Wawancara dalam Bahasa Indonesia Tulis Dengan Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV B MI Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 131–140. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9535
Nurohman, A. (1970). Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) Dalam Dunia Pendidikan Di Era Global. Jurnal Kependidikan, 2(1), 1–25. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.537
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77.
Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922
Sopiandi, I. (2017). Menggali Informasi Metadata Pada Citra Digital Yang Tersembunyi. Infotech Journal, 3(2). https://unma.ac.id/jurnal/index.php/infotech/article/view/692
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/JPFT.V2I2.292
William, K., Siahaan, A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195–205. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1.614
Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138
Article Metrics
Abstract view : 208 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.