PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGALI INFORMASI

Syaiful Arif(1*), Milan Fatimah(2),

(1) Program Studi Tadris IPA, IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
(2) Program Studi Tadris IPA, IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.37755

Abstract


Abad ke-21 merupakan abad yang jauh berbeda dari sebelumnya, dimana pada abad ke-21 ini sangat dibutuhkan kemampuan menggali informasi untuk memperoleh informasi yang detail dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inquiry berbantuan role playing dalam meningkatkan kemampuan menggali informasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs N 3 Wonogiri. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berupa soal uraian, dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menggali informasi peserta didik dengan model inquiry berbantuan role playing memiliki rata-rata sebesar 72,52 sedangkan kemampuan metode konvensional memiliki rata-rata sebesar 61,76. Berdasarkan uji-t diperoleh sig 2 tailed sebesar 0,02 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menggali informasi peserta didik dengan menggunakan model inquiry berbantuan role playing lebih baik daripada metode konvensional pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di MTs N 3 Wonogiri.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28. https://doi.org/10.31949/TH.V2I1.571

Cahya, W. I., Sutansi, & Muzaki, F. I. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggali Informasi Dari Dongeng Binatang Melalui Media Auido Visual di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 73–79.

Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue April).

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

Indriwati, S. E., Susilo, H., & Anggrella, D. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Keanekaragaman Hewan Untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 38–46. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/5391

Isnain, A. S., Irawan, E., Ekapti, R. F., & Faizah, U. N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 314–322. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.144

Kholifa, N. (2021). Studi Komparasi Keampuan Menggali Informasi dengan Penggunaan MModel Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran dan Model Kooperatif tipe jigsaw Berbasis feedback pada peserta didik kelas viii di smp 1 jetis. IAIN Ponorogo.

Kholifah, N., & Irawan, E. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia. Komparasi Kemampuan Menggali Informasi Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran Dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Feedback Pada Mata Pelajaran IPA, 1(3), 364–374.

Lahadisi. (2014). Inkuiri : Sebuah strategi menuju. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 85–98.

Lamtaruli, Haryanto, A. S. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMAN 11 Kota Jambi. Artikel Jurnal, 135(January 2006), 989–1011.

Nazilah, F., Iswara, P. D., & Sudin, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menggali Informasi Dari Teks Wawancara dalam Bahasa Indonesia Tulis Dengan Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV B MI Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 131–140. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9535

Nurohman, A. (1970). Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) Dalam Dunia Pendidikan Di Era Global. Jurnal Kependidikan, 2(1), 1–25. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.537

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77.

Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922

Sopiandi, I. (2017). Menggali Informasi Metadata Pada Citra Digital Yang Tersembunyi. Infotech Journal, 3(2). https://unma.ac.id/jurnal/index.php/infotech/article/view/692

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/JPFT.V2I2.292

William, K., Siahaan, A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195–205. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1.614

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138


Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.