PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Luh Suranti(1), Hasri Hasri(2*), Muhammad Anwar(3), Ramdani Ramdani(4),

(1) Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.36896

Abstract


Metode tutor sebaya merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik, seperti sulit memahami materi, malu bertanya dan atau meminta bantuan, pada gilirannya berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode tutor sebaya menggunakan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar. Penelitian dilakukan secara daring menggunakan desain posttest only control group design, dan teknik simple random sampling. Sampel kelas XI MIA 5 (kelompok eksperimen) sebanyak 33 orang dan kelas XI MIA 3 (kelas kontrol) sebanyak 35 orang. Variabel bebasnya dengan dan atau tanpa metode tutor sebaya pada model inkuiri terbimbing, variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Data hasil analisis menunjukkan nilai rata- rata hasil belajar peserta didik kelompok ekperimen sebesar 76,71 dan kelompok kontrol sebesar 68,44. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney (uji non-parametrik) diperoleh Zhitung = 1,94 dengan taraf signifikan   = 0,05 dan diperoleh Ztabel = 1,64. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode tutor sebaya pada model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan

Full Text:

PDF

References


Anas, M. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Apasuruang : Penerbit CV. Pustaka Hulwa

Arjanggi, R. 2010. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri The Effectiveness Of Peer Tutoring Method On Self-Regulated Learning Abstract. 14(2):91–97.

Irawati, R. K. 2019. Pengaruh Pemahaman konsep Asam Basa terhadap Konsep Hidrolisis Garam Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XI. Jurnal Thabiea. 2(1).

Jusniar. 2009. Pengaruh Penggunaan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng . 10 (1): 36 – 43.

Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Nurdiawati. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3K Berbantu Media Praktikum Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Oksidasi- Reduksi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Mataram: UNRAM Press.

Saumi, M and K. W. Anom. n.d.2014., Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Peran Tutor Sebaya Siswa Kelas X . A SMA.

Suardin. 2016. Penerapan Metode Discovery Learning pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuan. Jurnal Kratif Tadulako Online. 4 (3).

Suprijadi, D. 2010. Pengaruh Tutor Sebaya Terhadaap Hasil Belajar. Jakarta. 3 (2): 127–35.

Yasin, M. 2016. “Http://efektor.unpkediri.ac.id. 28.” 2(1):28–32


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.